blank
Panit 1 Unit 4 Subdit Linmas Siber Ditreskrimsus Polda Jateng, AKP Endro Prabowo memberikan pembekalan pengawasan siber yang digelar Bawaslu Jateng. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Panit 1 Unit 4 Subdit Linmas Siber Ditreskrimsus Polda Jateng, AKP Endro Prabowo menyebut, pihaknya menemukan sejumlah konten informasi seputar kampanye 2024 yang berisi berita bohong (hoaks).

Terkait hal itu, tim siber Ditreskrimsus akan berkomunikasi dengan Kominfo untuk melakukan take down terhadap konten yang terbukti memuat informasi hoaks.

Endro mengungkapkan, usulan take down sudah beberapa yang diajukan. “Namun yang melakukan take down konten adalah kewenangan Kominfo. Dan yang bisa take down dari penyelenggara platformnya sendiri atas permintaan Kominfo,” ujar Endro usai pembekalan pengawasan berita bohong di internet yang diadakan Bawaslu Jawa Tengah, di Hotel Metro View Semarang, Jumat (8/12/2023).

Endro mengaku akan berusaha mengkomunikasikan dengan para ahli teknologi informasi, sebelum menetapkan sanksi atas penyebaran hoaks. Dan dalam memblokir akun yang melanggar aturan juga harus jelas delik aduannya.

“Syarat usulan memblokir itu ada laporan tindak pidana. Ada dasar hukumnya. Makanya harus selalu kami komunikasikan dulu ke ahli. Apakah kontennya ada unsur pidananya atau tidak,” tuturnya.