Ilustrasi lomba mewarnai di Semarang Zoo oleh anak-anak usia TK dan PAUD. foto semarang zoo

SEMARANG (SUARABARU.ID) –  Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang akan mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak TK dan PAUD. Kegiatan ini akan digelar di Taman Satwa Semarang (Semarang Zoo), Hari Minggu 17 Desember 2023 mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Ketua Forwakot Semarang, Adennyar Wicaksono, mengatakan, lomba mewarnai ini berupa permainan menyenangkan bagi anak-anak untuk tiga kategori, yaitu TK A, TK B, dan PAUD. Selain itu, panitia juga menyediakan uang pembinaan bagi para juara di setiap kategori.

Menurutnya, anak-anak usia lima tahun ke bawah masuk dalam kategori golden age (usia emas) dimana imajinasi dan daya pikirnya masih harus dikembangkan. Salah satu upaya efektif untuk merangsang daya imajinasi mereka adalah dengan mewarnai gambar.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Forwakot mampu menjadi katalisator kegembiraan dalam menghibur anak-anak PAUD dan TK di Kota Semarang. Selain itu, tujuan lain dari diadakannya lomba ini adalah untuk berkontribusi terhadap tumbuh dan kembang anak-anak di Kota Semarang,” katanya, Rabu (6/12/2023).

Sementara itu, Direktur Semarang Zoo, Khairul Awaluddin, mengatakan Manfaat mewarnai bagi anak adalah dapat mengembangkan kemampuan motorik. Keterampilan motorik adalah kemampuan untuk menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, bibir, lidah, tangan, kaki, dan jemari.

Meningkatkan kreativitas adalah manfaat mewarnai bagi anak-anak selanjutnya. Kreativitas ini harus diasah sejak kecil, supaya anak kita tumbuh menjadi orang yang memiliki daya cipta optimal yang berguna.

“Salah satu manfaat mewarnai bagi anak-anak adalah membantu agar tulisan tangan bisa bagus. Mewarnai bisa menjadi sarana belajar memegang alat tulis dengan benar, sehingga bisa membantu teman-teman menghasilkan tulisan tangan yang lebih rapi,” tuturnya.

Informasi tambahan mengenai lomba mewarnai adalah, selain menjadi hiburan yang menyenangkan, ternyata mewarnai bisa bermanfaat untuk keperluan tumbuh kembang anak-anak seperti membantu anak-anak berlatih memusatkan perhatian. “Untuk pendaftaran, silahkan klik link ini https://forms.gle/4MnXCydNXhS1GFcN6 ,” katanya menjelaskan.

Dirinya menambahkan, mewarnai juga memadukan aktivitas bersama antara tangan dan mata, akan ada rasa puas dan bangga pada diri sendiri karena sanggup menyelesaikan tugas, perasaan ini bisa membangun gambaran positif terhadap diri teman-teman.

“Jadi, manfaat mewarnai juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri anak,” pungkasnya.

Hery Priyono