blank
Tim PkM USM Beri Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Keuangan kepada pelaku UMKM Srikandi Cantik Bahari RW 15 Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Senurang Utara pada 5 Desember 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim PkM USM Beri Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Aplikasi Keuangan kepada pelaku UMKM Srikandi Cantik Bahari RW 15 Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara pada 5 Desember 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Aria Hendrawan, M.Kom, anggota Vensy Vydia, M.Kom dan Lenny M. H., S.Kom., M.Kom.

Menurut Aria, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Srikandi Cantik menjadi salah satu fokus utama dalam upaya memajukan perekonomian wilayah Tanjungmas, Semarang. Namun, UMKM tersebut sering dihadapkan pada tantangan dalam mengelola keuangan mereka secara efisien dan akurat, yang dapat mempengaruhi kinerja dan perkembangan bisnis.

”Kami menemukan beberapa masalah yang dihadapi UMKM di RW.15 Tanjung Mas Semarang, antara lain pencatatan keuangan manual menggunakan buku catatan. Proses manual ini rentan terhadap kesalahan dan memakan waku yang cukup banyak,” ujarnya.

Kendala lain, katanya, tidak tepat waktu dalam menyusun laporan keuangan secata tepat waktu. Hal ini dapat menghambat pengambilan keputusan yang cerdas dan menyulitkan perencanaan kewangan.

”Kendala lain adalah mereka tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang manajemen keuangan. Akibatnya, mereka kesulitan dalam membuat anggarum, menghitung laha rugi, dan mengelola arus kas dengan efektif,” jelasnya.

Menurutnya, pengelolaan keuangan yang efisien merupakan faktor penting dalam meningkatkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Tanjungmas, Semarang.

”Melalui kegiatan ini kami memperkenalkan inovasi aplikasi keuangan sebagai pendukung pertumbuhan UMKM di wilayah Tanjungmas, Semarang. Kami berharap, melalui kegiatan ini ada peningkatan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas informasi keuangan, serta peningkatan literasi digital dan kemampuan adaptasi teknologi bagi para pelaku UMKM,” tandasnya.

Muhaimin