blank
Blusukan di Pasar Inpres Naikoten I, Ganjar menyempatkan diri membeli kebutuhan pokok, yang dijual seorang pedagang tua. Foto: tmgp

KUPANG (SUARABARU.ID)– Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, menikmati pagi di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan menyapa warga yang ada di acara Car Free Day (CFD), Sabtu (2/12/2023).

Dalam kesempatan itu, dia menyempatkan diri untuk blusukan ke Pasar Inpres Naikoten I. Ganjar menemui dan berbincang langsung dengan para pedagang, terkait harga kebutuhan pokok, seperti gula hingga beras. Mayoritas pedagang mengeluhkan adanya kenaikan harga bahan pokok.

Hasni, salah seorang pedagang di Pasar Inpres Naikoten mengatakan, kehadiran Ganjar membuatnya kaget sekaligus senang. Karena dia dapat langsung menyampaikan aspirasi pedagang kecil.

BACA JUGA: Kawasan Hutan Lindung di Kaki Gunung Slamet Mulai Direboisasi

”Harga-harga banyak yang naik. Tadi kami sampaikan ke Pak Ganjar,” katanya.

Dengan bertemu calon presiden, dia berharap, nantinya ada kebijakan yang menjadikan harga bahan pokok kembali stabil. ”Harapannya, harga kembali murah dan stabil,” lanjutnya.

Siprimisa, pedagang lain menambahkan, harga bahan pokok naik, rata-rata Rp 1.000 dari harga semula. ”Seperti harga cabai, sekarang Rp 55 ribu,” tuturnya.

BACA JUGA: Bank Indonesia Berharap Pasar Murah Stabilkan Harga Pangan

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan, dirinya mencatat ada beberapa harga bahan pokok yang masih melambung, seperti beras dan gula.

”Sebenarnya yang paling banyak dirasakan masyarakat kemarin itu masalah harga. Maka tadi kita ngecek ke pasar, kita ambil sampel kemarin berasnya masih naik, kurang lebih Rp 1.000, lalu gula pasir juga naik,” ungkap Ganjar.

Karena itulah, dia ingin hal itu mesti dikendalikan. Dengan harapan, harga-harga itu tidak membuat masyarakat menjadi kesulitan.

Usai blusukan di pasar tradisional, Ganjar kembali menyapa warga yang ikut CFD Kota Kupang. Kemunculannya sontak membuat warga histeris. Mereka berebut untuk sekadar bersalaman dan swafoto.

Riyan