Tiga reporter Radio USM Jaya yakni Elsa Safira, Nanda Nathalie dan Putri Sabila foto bersama seusai menerima penghargaan. (foto News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Reporter Radio USM Jaya FM menyabet tiga gelar juara dalam Lomba Karya Jurnalistik Pemprov Jateng 2023 yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah.

Ketiga gelar dipersembahkan oleh Elsa Safira, Nanda Nathalie dan Putri Sabila. Mereka menerima penghargaan pada 28 November 2023.

Lomba tersebut diikuti berbagai media se-Jawa Tengah mulai dari media cetak, televisi, radio hingga foto dengan tiga tema yang dilombakan yaitu Gotong Royong Tekan Stunting di Jateng, Optimalisasi Embung/Bendungan Hadapi Musim Kemarau di Jateng, Para Pelaku UMKM yang Kini Naik Kelas Usai Dibantu Pemprov.

Dalam lomba tersebut, Radio USM Jaya FM mendapatkan juara pada semua tema yang diikuti yakni juara harapan 3 pada tema ”Gotong Royong Tekan Stunting di Jateng” yang diraih Elsa Safira lewat karya featurenya berjudul ”Sinergitas Atasi Stunting” yang menyoroti Kebun Sayur Komunal milik warga RT 7 RW 7 Kelurahan Cangkiran, Kecamatan Mijen, Kota Semarang dalam mengatasi stunting.

”Perasaanya campur aduk, karena ini merupakan lomba pertama yang diikuti penyiar Radio USM Jaya FM dan mendapatkan juara. Walaupun masih juara harapan, tetapi kita sebagai penyiar akan terus berusaha menjadi lebih baik lagi,” ungkap Elsa.

Hal serupa diungkapkan oleh Nanda Nathalie yang berhasil meraih juara harapan 3 pada tema ”Pelaku UMKM yang Kini Naik Kelas Usai Dibantu Pemprov” melalui karya featurenya yang berjudul ”UMKM Naik Kelas Tahu Bakso Udang Semarangan” dengan menyoroti salah satu UMKM di Semarang yaitu Tahu Bakso Udang Semarangan yang dirintis pasangan Christine dan Erol dimana produknya dikenal masyarakat melalui lapak ganjar.

”Saya merasa senang bisa membawa nama baik Radio USM Jaya FM. Sebenarnya saya tidak menyangka bisa mendapatkan juara harapan 3, namun berkat dukungan dari teman-teman penyiar dan pimpinan saya yang selalu memberikan semangat serta meyakinkan saya, akhirnya bisa mendapatkan juara,” ujar Nanda.

Tak hanya itu, Radio USM Jaya FM juga mendapatkan juara harapan 2 pada tema ”Optimalisasi Embung/Bendungan Hadapi Musim Kemarau di Jateng” yang diraih Putri Sabila dengan judul karya feature jurnalistik ”Embung Penyelamat Petani” dengan menyoroti peran embung terhadap kekeringan yang dirasakan oleh petani sekitar di Kabupaten Pati.

”Saya terima kasih ke teman-teman dan atasan Radio USM Jaya FM telah mendukung, memberikan semangat dalam mengikuti perlombaan tersebut. Walaupun dapat juara harapan 2, saya merasa sangat senang karena usaha tidak sia-sia dan ini tidak membuat saya maupun teman-teman penyiar berpuas diri. Saya akan terus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal,” ungkap Putri.

Direktur Radio USM Jaya FM, Bakhtiar Rivai mengatakan, Radio USM Jaya FM sebelumnya mengirimkan empat karya dalam perlombaan tersebut, namun yang berhasil mendapatkan juara sebanyak tiga karya. Meskipun begitu, pihaknya mengapresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh penyiar dalam mengikuti perlombaan jurnalistik se-Jawa Tengah.

”Saya bangga dan mengapresiasi atas usaha dan pencapaian yang telah diraih oleh teman-teman penyiar Radio USM Jaya FM. Semoga ke depan kami bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Rencananya dalam waktu dekat, kami akan mengikuti dua lomba jurnalistik kembali untuk tingkat nasional. Semoga dapat meraih hasil yang terbaik,” pungkas Bakhtiar.

Muhaimin