Wali Kota Semarang menghadiri dan memimpin upacara peringatan Hari Korpri ke-52 di Lapangan Simpanglima Semarang, Rabu (29/11/2023) sore. Foto: Humas Pemkot Semarang)

SEMARANG (SUARABARU) – Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melaksanakan upacara Upacara Peringatan HUT ke-52 Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia) di Lapangan Pancasila Simpanglima, Rabu (29/11/2023) sore.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, sekaligus memberikan sambutan dan pesan bagi peserta upacara.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota juga memberikan apresiasi atas prestasi kinerja jajarannya yang telah melayani masyarakat dengan sangat baik.

“Hari ini merupakan hari ulang tahun ke-52 Korpri. Saya ingin rekan-rekan Korpri mendapatkan apresiasi atas pelayanan yang luar biasa terhadap masyarakat, hingga menjadikan Semarang semakin hebat,” katanya.

Wali kota menyebutkan, kegiatan ini merupakan ajang apresiasi bagi ASN yang dinilai sudah bekerja maksimal dengan berbagai inovasinya bagi kemajuan pembangunan Kota Semarang.

Dirinya juga berpesan agar para ASN di Kota Semarang bisa bekerja lebih maksimal lagi, dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami membuat acara kali ini lebih besar dan meriah, agar ASN di Kota Semarang ini guyub rukun dan semangat melayani masyarakat. Apalagi ini ada komitmen untuk netralitas ASN, di mana saat ini menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024,” katanya.

Tak hanya mengapresiasi ASN berprestasi, Pemkot Semarang juga memberikan apresiasi pada jajaran instansi vertikal TNI dan Polri.

“Kami mengapresiasi ASN berprestasi, kemudian juga instansi vertikal TNI dan Polri yang sudah men-support Pemkot Semarang dalam menangani persoalan. Seperti penanganan banjir, kebakaran TPA Jatibarang, menjaga ketertiban wilayah, dan persoalan lainnya,” katanya.

Kegiatan berlanjut dengan peluncuran Korpri Peduli, yakni scan barcode yang memudahkan ASN Pemkot Semarang memberikan bantuan dan kepeduliannya bagi kegiatan sosial.

“Tadi telah kita launching Korpri Peduli, di mana Korpri ikut serta membantu masyarakat. Bahkan terkumpul Rp 67 juta transaksi Korpri Peduli hari ini,” katanya.

Selain apel upacara, dalam acara tersebut ada pula hiburan musik dan makanan gratis bagi warga yang saat itu berada di sekitar Simpanglima, Kota Semarang.

“Biasanya teman-teman Korpri hanya melihat, kali ini mereka merasakan sendiri semarak gebyar dengan pembagian doorprize atau hadiah serta berbaur dengan masyarakat. Seperti pesta rakyat dari Korpri untuk Korpri,” katanya.

“Kami melibatkan UMKM, ada 10 ribu porsi makanan yang kami siapkan dan kami bagikan ke masyarakat dengan menghadirkan UMKM gerobak dalam HUT Korpri kali ini,” katanya.

Hery Priyono