blank
Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Hartono (tengah menghadap lensa), memimpin sosialisasi ETLE drone di Lampu Bangjo depan Pasar Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Hanya dalam tempo 5 menit, pesawat ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) drone diterbangkan, berhasil merekam sebanyak 20 pelanggaran lalu lintas.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, perekaman para pelanggar lalu lintas di jalan itu, dilakukan Selasa (28/11). Bersamaan saat Tim dari Ditlantas Polda Jateng melakukan sosialisasi ETLE drone di trafic light (lampu bangjo) depan Pasar Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.

Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Hartono, mengatakan, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi bersama Satlantas Polres Wonogiri. Ini dilakukan, terkait dengan penegakan hukum oleh Satlantas Polres Wonogiri.

”Kita juga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan dengan menggunakan ETLE drone. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan ETLE di Wonogiri cukup bagus,” kata Kompol Indra.

Menurut dia, kegiatan yang digelar menjelang Pemilu ini, diharapkan dapat membuat kondisi yang bagus bagi masyarakat, melalui sosialisasi ETLE drone. Karena penegakkan hukum perlu dilakukan secara digital. Kompol Indra berharap, Wonogiri segera memiliki ETLE drone.

Dikatakan, baru enam dari 35 Polres di jajaran Polda Jateng yang telah dilengkapi dengan ETLE drone. Secara bertahap, jumlahnya akan terus ditambah, termasuk Wonogiri. Mengingat wilayah Wonogiri cukup luas, mencakup sebanyak 25 kecamatan.

Selama menerbangkan pesawat ETLE drone 5 menit di Lampu Bangjo Ngadirojo, berhasil merekam setidak-tidaknya terjadi 20 pelanggaran lalu lintas. Mayoritas pelanggaran, adalah pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm. Juga ada pengemudi roda empat yang tidak mengenakan sabuk pengaman (seat belt).
Bambang Pur