blank
Suwanto, Kepala Bagian Perekonomian Setda Batang. (Foto: Diskominfo)

BATANG (SUARABARU.ID) – Bank Perkreditan Rakyat Pemberdayaan Ekonomi Rakyat (BPR Bapera) Kabupaten Batang, pada 2024 bakal menerima penyertaan modal dari pemerintah setempat sebesar Rp 1,5 miliar.

“Penyertaan modal untuk PT BPR Bapera ada alokasi dana sebesar Rp1,5 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana tersebut merupakan penyertaan modal Pemkab Batang untuk perusahaan tersebut,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Batang Suwanto saat ditemui di Kantornya, Jumat (24/11/2023).

Ia juga mengatakan, penyertaan modal untuk perusahaan daerah tahun 2024 tidak hanya PT BPR Bapera saja. Tapi juga ada bank BPD Jateng dan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Sendang Kamulyan Batang. “Bank BPD Jateng akan mendapatkan penyertaan modal sebesar Rp 5 miliar. Untuk PUDAM Sendang Kamulyan menerima sebesar Rp 1 miliar, sedangkan Perumda Aneka Usaha mendapatkan sebesar Rp 1,2 miliar,” ungkapnya.

Suwanto menyebutkan bahwa penyertaan modal berperan penting karena dana tetsebut dapat digunakan untuk pengembangan usaha. Sedangkan penyertaan modal untuk Perumda Aneka Usaha untuk pembangunan infrastruktur  di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

“Perumda Aneka Usaha tahun ini mendapatkan Rp 1,2 miliar itu untuk pengembangan usaha. Terkait pengembangan usaha di KIT Batang, Pembebanan untuk sewa dengan KIT Batang,” ujar dia.

Nur Muktiadi