Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang mengadakan Seminar Penelitian Mahasiswa untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 23 November 2023 di Menara TW 5.5 Universitas Semarang. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dalam hal penelitian untuk Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC), Program Studi Teknik Informatika Universitas Semarang mengadakan Seminar Penelitian Mahasiswa untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 23 November 2023 di Menara TW 5.5 Universitas Semarang.

Kegiatan diikuti 50 mahasiswa dari semester lima dan tujuh.

Kegiatan menghadirkan narasumber Dosen Teknik Informatika Dr. April Firman Daru, S.Kom., M.Kom.

Dalam kesempatan itu, Firman mengajak para mahasiswa untuk menggali potensi lebih mendalam implementasi teknologi Internet of Things dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Menurutnya, potensi internet of things masih sangat besar di kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya Kota Semarang.

Apalagi dengan munculnya industry 4.0 dapat meningkatkan kebutuhan akan teknologi internet of things.

”Sehingga dengan meningkatknya minat para mahasiswa dalam bidang penelitian internet of things ini dapat mengembangkan kehidupan manusia menjadi lebih layak,” ujarnya.

Dia berharap, dengan diadakan kegiatan seminar penelitian mahasiswa ini, para mahasiswa memiliki minat yang lebih tinggi untuk melakukan penelitian tidak hanya untuk tugas akhir dan Program Kreativitas Mahasiswa saja, tetapi untuk kehidupan sehari-hari mereka demi kehidupan yang semakin layak.

Hal senada dikatakan Ketua Program Studi Teknik Informatika USM, Khoirudin S.Kom., M. Eng. Menurutnya, teknologi internet of things dapat menjadi pintu bagi mahasiswa tidak hanya sebatas untuk kelulusan melalui tugas akhir maupun PKM, tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari.

Muhaimin