blank
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (kedua dari kanan) bersama Abdul Mu'ti (kiri), memberikan kenang-kenangan kepada Ganjar, usai menjadi pembicara bersama Mahfud MD (kanan). Foto: tmgp

TANGERANG (SUARABARU.ID)– Pasangan capres-cawapres RI 2024, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, mendapat sambutan luar biasa meriah, saat menghadiri dialog publik Muhammadiyah, di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Tak hanya mahasiswa, Ganjar dan Mahfud juga dielu-elukan peserta yang sebagian besar adalah para pengurus tingkat pusat dan daerah, salah satu organisasi massa Islam terbesar di Indonesia itu.

Teriakan ‘Ganjar-Mahfud Menang’, menggema di aula tempat berlangsungnya pertemuan, saat keduanya memasuki ruangan. Beberapa juga berebut untuk bersalaman dan foto bersama.

BACA JUGA: Kapolres Jepara Beri Arahan 334 Personel Polisi RW

Tak hanya pengurus dan mahasiswa, para petinggi Muhammadiyah juga begitu antusias dengan kehadiran Ganjar-Mahfud. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti misalnya, menyebut Ganjar sebagai berkah untuk Indonesia.

”Nama Ganjar itu di kamus artinya hadiah, berkah, pahala. Jadi kalau nanti Pak Ganjar ditakdirkan menjadi presiden, maka beliau adalah berkah bagi Indonesia,” ucap Abdul Mu’ti, disambut tepuk tangan meriah para peserta.

Dia juga menyebut, Mahfud MD sebagai orang yang tegas dan berani. Menurut Abdul Mu’ti, hanya Mahfud satu-satunya tokoh NU yang berani menempelkan simbol Muhammadiyah.

BACA JUGA: UKW Bersama SKK Migas dan KKKS Jabanusa, Ketua PWI Jateng Ajak Wartawan Tak Lelah Pacu Kompetensi dan Cintai Profesi

blank
Ganjar dan Mahfud saat menjadi pembicara dalam dialog publik, yang digelar di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023). Foto: tmgp

”Kalau Pak Mahfud ini sesuai namanya, artinya terjaga, terpelihara. Dan beliau ini berani, tokoh NU tapi mendeklarasikan diri sebagai Muhammadiyah. Bukan Mahfud NU tapi Mahfud MD, MD kan Muhammadiyah,” ujarnya, disambut tawa ger-geran semua peserta.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, dalam sambutannya juga menyambut gembira kehadiran Ganjar-Mahfud. Bagi Muhammadiyah, lanjut Haedar, dua tokoh yang hendak maju dalam Pilpres 2024 itu, bukanlah orang baru. Keduanya adalah tokoh yang paling sering berinteraksi dengan Muhammadiyah.

”Bagi kami Muhammadiyah, Pak Ganjar ini bukan orang baru. Kami sudah sangat dekat, karena sering bersilaturahmi dan berinteraksi dengan beliau sejak lama. Pak Ganjar selalu bersama kami, untuk kesuksesan Muhammadiyah. Pak Mahfud juga sama, kami selalu berinteraksi sejak zaman di Yogyakarta, bahkan saat sekarang menjadi menteri,” tutur Haedar.

BACA JUGA: Polres Jepara Gelar Tabur Bunga di Laut, Ini Tujuannya

Tak hanya soal kedekatan secara emosional, Haedar juga menegaskan, jika Ganjar-Mahfud memiliki kesamaan untuk memajukan Indonesia, dan menyehatkan demokrasi. Menurut Haedar, praktik kehidupan kebangsaan akhir-akhir ini sedang kacau, akibat hukum mengalami proses politik, dan terjadi politisasi hukum yang membuat resah masyarakat.

”Kita memerlukan rekonstruksi ke depan. Dan kami percaya, ketika rakyat memberikan amanat dan mandat, tentu mereka berdua akan berdiri dekat dengan konstitusi, dan tidak menyalahgunakannya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar-Mahfud menyampaikan ide dan gagasannya, tentang pembangunan Indonesia. Sejumlah isu dibahas dalam diskusi itu, seperti isu perempuan, anak, disabilitas, kerukunan, toleransi, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, politik dan lainnya.

”Terlihat sekali, kalau Pak Ganjar dan Pak Mahfud pantas jadi pemimpin. Keduanya punya kualifikasi yang mumpuni. Jawaban-jawabannya sangat masuk akal, dan mengena. Karena keduanya tidak hanya berteori, bernarasi saja, namun juga praktisi, karena mereka berdua sudah mempraktikkannya,” ucap Sekretaris Pimpinan Daerah Kota Tangerang, Nur Hakim.

Riyan