DMC Dompet Dhuafa gelar latihan gabungan relawan penanggulangan bencana seluruh Indonesia. Foto: Dok/DD

BANYUMAS (SUARABARU.ID) – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa gencarkan latihan gabungan bagi relawannya yang tersebar dari berbagai wilayah Indonesia.

Pelatihan berlangsung di Wana Wisata Baturraden, Kelurahan Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu-Jumat (22-24/11/2023).

Acara yang bertajuk Kemah Relawan 2023 ini mengusung metode kelas bergerak, sehingga peserta dapat memilih dan mengikuti pelatihan sesuai dengan waktu yang ditetapkan selama kegiatan berlangsung.

“Apa yang didapat dari Kemah Relawan 2023 skala nasional kali ini adalah sosialisasi pencegahan atau mitigasi bencana, karena itu adalah salah satu bagian penting dari proses penanggulangan bencana,” terang Shofa Qudus. General Manager Program DMC Dompet Dhuafa.

Dalam kegiatan Dompet Dhuafa menggandeng dari berbagai unit respons penanggulangan bencana mulai dari Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM), Respons Darurat Pendidikan Lembaga Pengembangan Insani (RDP LPI), Respons Darurat Kesehatan Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (RDK LKC), Dai Tanggap Bencana Corps Dai Dompet Dhuafa (DTB Cordofa) dan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV).

Selain itu juga melibatkan mitra penanggulangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

“Pelatihan ini menggunakan metode praktik atau simulasi yang melibatkan peserta dalam setiap proses, sekaligus diskusi kelompok dan berbagi pengalaman project management yang dapat membangun pemahaman bersama dalam mengimplementasikan serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam penanggulangan bencana,” terangnya.

Untuk peserta sendiri berasal dari Banda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawsi Tengah, NTT, NTB, Bengkulu, Maluku, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Dengan total peserta mencapai 250 relawan.