Suasana seminar bahas SDGs yang digelar Keluarga Mahasiswa Teknik Industri UMS (dok/UMS)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan seminar nasional terkait  pengelolaan industri dalam mencapai Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan yang mengusung tema “The Role of Indonesian Industry to Achieve The Sustainable Development Goals” dan diikuti mahasiswa dari pelbagai tingkatan semester, dibuka Kaprodi Teknik Industri UMS Dr., Etika Muslimah, S.T., M.M., M.T., serta berlangsung di Gedung Induk Siti Walidah kampus setempat, Minggu (19/11).

Kaprodi Teknik Industri UMS Dr., Etika Muslimah, S.T., M.M., M.T., dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada para peserta seminar yang telah menyempatkan waktu untuk datang mencari ilmu meskipun di hari libur.

Selain itu, pembahasan mengenai keberlanjutan menjadi menarik dan penting untuk dibahas.

“Memang topik sustainability itu topik yang saat ini sedang tren, jadi sedang dibicarakan atau menjadi pembicaraan banyak orang tentang keberlanjutan di bidang apa pun,” ungkap Etika Muslimah.

Sebelumnya Ketua Penyelenggara Industrial in Seminar (INSEM)10, Muhammad Yasir menyampaikan, kegiatan yang digelar merupakan seminar tahunan dari KMTI.

Pada perayaannya yang ke-10, INSEM membawakan topik mengenai SDGs dengan tujuan tertentu. Yakni untuk menciptakan pemikiran mahasiswa Teknik Industri khususnya dilingkup UMS agar nantinya bila terjun ke perusahaan berperan aktif dan mendukung pembangunan berkelanjutan pada industri atau perusahaan yang nantinya diampu.

Seminar ini menjadi penting karena pada saat ini banyak perusahaan yang belum mengimplementasikan atau berorientasi pada 14 tujuan besar pada SDGs.

“Saya harapkan dari kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih memikirkan nantinya perusahaan akan dibawa mencapai SDGs sebagaimana ingin dicapai pemerintah pada tahun 2030”, terangnya.

Bagus Adji