blank
Seorang anak kecil merasa nyaman dalam gendongan Ganjar Pranowo, saat melakukan kunjungan ke Kota Sorong, di Papua Barat Daya. Foto: tmgp

SORONG (SUARABARU.ID)- Kedatangan Calon Presiden RI 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo, disambut antusias mayarakat Papua. Saat tiba di Bandar Udara Domine Eduard Osok, di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (20/11/2023), masyarakat menyambutnya dengan tarian Suling Tambur.

Penyambutan kali ini terlihat kental dengan nuansa adat. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian melakukan prosesi injak piring, sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang dianggap spesial.

Raut kegembiraan terlihat jelas dari wajah-wajah masyarakat yang turut menyambut. Begitu pula dengan Ganjar, yang membalas dengan senyuman ramah. Gegap gembita di area bandara itu menjadi pusat perhatian warga yang ada.

BACA JUGA: Arto Mart Terus Berupaya Sejahterakan Petani

Bahkan mereka berebut salaman dan berswafoto bersama capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu. Melihat antusiasme masyarakat Papua, Ganjar mengaku senang dan terhormat. ”Terima kasih semuanya,” tutur Ganjar.

Capres berambut putih itu memang tengah melakukan safari ke sejumlah wilayah di Papua. Di sana dia bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.

Menurut Ganjar, Papua adalah bagian dari Indonesia yang tak terpisahkan. Sehingga harus menjadi perhatian penting, dalam pembangunan ke depan.

BACA JUGA: Pemkab Kudus Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi Basah

blank
Ganjar Pranowo ikut menari bersama warga Papua, yang menyambutnya di Bandar Udara Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (20/11/2023). Foto: tmgp

Dia bersepakat dengan masyarakat, tentang hal-hal yang menjadi prioritas pembangunan di Papua. Di antaranya penuntasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kemudahan dan infrastruktur pendidikan, hingga lapangan kerja.

”Kami tadi banyak mendapatkan masukan, di antaranya rumah tidak layak huni dan pendidikan. Beberapa di antaranya sudah bisa lulus, tapi belum bisa bekerja,” papar Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar memuji kerukunan beragama yang berada di Sorong. Umat Islam, Kristen dan agama lainnya, hidup berdampingan dalam bingkai keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

BACA JUGA: Pengurus Satuan Kerja Karya Bakti Husada Resmi Dilantik, Nuril Abdillah: Dedikasi, Komitmen dan Semangat Tnggi

”Tentu ini sesuatu yang real. Kita melihat sendiri, mendengarkan sendiri, merasakan sendiri, dan saya kira inilah yang mesti mendapatkan prioritas pertama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Imekko, Kota Sorong dan Sorong Raya, Ibrahim Wugaje, menyambut baik kedatangan Ganjar di wilayahnya. Dia pun menyerahkan dokumen yang berisikan pesan moral dan amanah masyarakat adat suku besar Imeko, kepada Ganjar Pranowo.

”Terima kasih atas kedatangan Bapak. Saya mewakili masyarakat Kokoda mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres yang akan datang,” tandasnya.

Riyan