Ilustrasi tanaman putri malu yang kaya manfaat bagi kesehatan tubu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Putri malu atau dengan nama lain Mimosa pudica merupakan perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/layu dengan sendirinya saat disentuh.

Ciri khasnya tumbuhan ini adalah daunnya mengatup jika disentuh serta memiliki duri di batangnya. Baik secara medis maupun empiris, putri malu bisa mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Putri malu secara empiris dapat mengatasi insomnia, batuk bronkitis, dan rematik.

Daun putri malu memiliki berbagai kandungan yang dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Contohnya sebagai agen antikolesterol, antikejang, dan membantu mengatasi hipertensi.

Baca Juga: Selain Dijadikan Tanaman Hias, Tiga Manfaat Bunga Teratai untuk Kecantikan

Kandungan antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, afrodisiak yang ada pada setiap bagiannya bisa membantu tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit. Terutama adalah daun putri malu yang memiliki manfaat untuk cegah wasir, penyakit hati, demam, hingga obat vitalitas pria alami.

Tumbuhan cukup lumrah dijadikan sebagai tanaman hias di beberapa rumah. Akan tetapi, ternyata tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari Suara.com, berikut 3 manfaat dari mengonsumsi tanaman putri malu.

1. Dapat Menurunkan Kadar Kolestrol

Daun putri malu diyakini dapat menjadi obat penurun kadar kolestrol dalam darah. Melansir dari artikel berjudul “Profiling gc-ms ethanol extract of putri malu leaves (Mimosa pudica L.) and its potential as anti cholesterol in vitro”, daun putri malu memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti kolestrol.

Baca Juga:Tips Membersihkan Parasit pada Tanaman

Kandungan ekstrak etanol dalam daun putri malu saat diteliti menunjukkan sifat anti kolestrol yang cukup kuat. Bahkan, dalam beberapa studi, ekstrak daun tersebut juga dapat membantu pengobatan hiperkolestrolemia yang disebabkan tingginya kadar kolestrol jahat dan trigliserida dalam darah yang terlalu tinggi. Namun, manfaat anti kolestrol dari kandungan daun putri malu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Obat Anti Kejang

Selain dapat membantu menyembuhkan luka di area luar tubuh, daun putri malu diyakini juga dapat digunakan sebagai obat anti kejang alami. Melansir dari artikel berjudul “Anticonvulsant activity of Mimosa pudica decoction yang terbit pada Fitoterapia”, rebusan daun putri malu dapat menjadi obat anti kejang yang disebabkan oleh pentylenetetrazole dan strychnine. Akan tetapi, penggunaan ramuan tradisional ini juga tidak boleh berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan resistensi dalam tubuh penderita.

3. Menyehatkan Organ Pencernaan

Tanaman putri malu juga diyakini dapat menyehatkan organ pencernaan. Melansir dari situs halodoc.com, tanaman ini memiliki beberapa senyawa yang dapat membantu melunakkan feses di saluran pencernaan dan membuat lambung menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Mudah Ditanam dan Dirawat, Ini 5 Tanaman Pengusir Hama Tikus dengan Cara Alami

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan tanaman ini dapat membantu mengobati nyeri pada penderita wasir. Rebusan air putri malu juga diyakini dapat menjadi penawar anti oksidan alami yang baik dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi tanaman putri malu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia