Salah satu atlet Kick Boxing yang meraih prestasi mendapat piala dan hadiah uang pembinaan. Foto : SB/dok Kick Boxing

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pengurus Cabang Olahraga Kick Boxing Kabupaten Wonosobo, selama dua hari, mulai Sabtu (18/11) hingga Minggu (19/11/2023), menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Kick Boxing 2023, di Gedung Olah Raga (GOR) Wonolelo Wonosobo.

Ketua Cabang Olahraga Kick Boxing Wonosobo Sutopo mengatakan Kejurda Kick Boxing tingkat Jateng dan DIY itu, digelar guna merespon perkembangan olahraga ini di Wonosobo yang cukup memuaskan. Saat ini banyak generasi muda yang menggemari olahraga Kick Boxing.

“Potensi-potensi muda Kick Boxing di sini telah bermunculan. Hal tersebut tidak lepas dari support dan ruang yang diberikan pengurus cabang olahraga ini. Guna mengaktualisasikan kreativitas dan sportivitas mereka dalam sebuah kompetisi, maka perlu diadakan event pertandingan,” katanya.

Selain untuk pembinaan atlet dan prestasi, lanjut Sutopo, tujuan Kejurda Kick Boxing Wonosobo tahum 2023 ini adalah menjauhkan generasi muda milenial dari narkoba, tawuran dan pergaulan bebas. Mereka perlu disalurkan secara terarah untuk lebih berprestasi di bidang olahraga Kick Boxing.

Atlet Baru

Atlet Kick Boxing yang meraih prestasi foto bersama usai mengikuti Kejurda di Wonosobo. Foto : SB/dok Kick Boxing

“Dari Kejurda Kick Boxing di Wonosobo tahun 2023 ini, diharapkan jadi sarana pendaftaran dan penjaringan pelajar-mahasiswa melalui jalur khusus olahraga di beberapa sekolah yang berkompeten dan ada jurusan Kelas Khusus Olahraga (KKO) maupun perguruan tinggi yang memberikan jalur khusus/beasiswa kepada calon mahasiswa berprestasi di olahraga Kick Boxing,” jelasnya.

Di luar itu, menurut pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi C DPRD Wonosobo itu, agar muncul bintang atau atlet baru yang akan direkrut ke team maupun klub yang berjenjang lebih tinggi atau klub Kick Boxing ternama di Indonesia untuk menjadi karier profesi sebagai atlet nasional.

Dikatakan, Kejurda Kick Boxing juga bisa jadi ajang silaturahmi, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Menjalin tali persaudaraan dan rasa kekeluargaan antar generasi muda milenial. Meningkatkan rasa sportifitas, kebersamaan dan solidaritas antar generasi muda milenial.

“Ada pula missi menjauhkan generasi muda milenial dari bahaya narkoba, budaya tawuran dan perkelahian dengan penyaluran pada kegiatan yang positif. Pemuda milenial saat ini harus sehat, kuat dan berprestasi, termasuk di bidang olahraga Kick Boxing,” pungkasnya.

Muharno Zarka