Sejumlah warga berebut ikut swafoto bersama Ganjar Pranowo, saat dia mengunjungi tempat kosnya saat SMA. Foto: tmgp

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Mantan Gubernur Jawa Tengah yang kini jadi Calon Presiden (Capres) RI 2024, Ganjar Pranowo, menikmati suasana pagi di Yogyakarta, dengan napak tilas ke tempat kosnya saat masih SMA, di Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, Kamis (16/11/2023).

Ganjar yang berjalan kaki melintasi lorong-lorong jalan, membuat heboh warga setempat. Warga terlihat begitu akrab dengan Ganjar. Mereka menyapa seperti anggota keluarga sendiri. Banyak yang meminta salaman dan berswafoto. Ganjar pun melayani dengan ramah, bahkan Ganjar masih ingat dengan nama beberapa warga itu.

Satu di antaranya adalah Hendro, yang mengaku mempunyai banyak kenangan bersama Ganjar. Setiap sore, waktu itu, dirinya kerap ngobrol bareng, seusai Ganjar pulang sekolah.

BACA JUGA: Pemilu 2024, Kota Magelang Peringkat Kedua Daerah Rawan Politik Uang di Jateng

”Saya itu orang yang sering jagongan tiap sore, kalau beliau pulang sekolah. Karena kosnya di sini,” katanya.

Menurut Hendro, politikus berambut putih itu merupakan sosok yang sopan, humble dan mudah bergaul. Sikap itu tidak berubah sampai saat ini, sekalipun telah menjadi capres.

”Orangnya baik, mudah bersosial. Dari dulu sampai sekarang tidak berubah,” lanjutnya.

BACA JUGA: Delvin Rumbino Diprediksi Tak Bermain Hingga Akhir Musim

Ganjar melakukan napak tilas di wilayah Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, tempat kosnya saat masih SMA. Foto: tmgp

Pagi itu, Ganjar menyempatkan waktu untuk bernostalgia, melihat langsung kondisi kosnya saat ini. Mulai dari tempat cuci baju hingga kamar tidurnya. Sementara itu, pasangan suami istri Deni dan Puput, warga asal Sukoharjo yang kini menempati kos yang dulu dipakai Ganjar, mengaku terharu dan tidak menyangka.

”Saya tidak menyangka, kalau kos ini dulu kosnya Pak Ganjar. Saya rasanya senang sekali bisa kos di bekas Pak Ganjar,” ungkap Puput.

Dia mengaku, telah menghuni kos berukuran sekitar 2×3 meter itu, sejak sekitar dua tahun lalu. ”Pak Ganjar orangnya baik, ramah dan ganteng. Semoga bisa jadi presiden,” tuturnya.

BACA JUGA: Dua Pesawat Tucano TNI AU Jatuh di Pasuruan, Sempat Muncul Api dan Ledakan

Ganjar sendiri menyampaikan, kosnya banyak meninggalkan kenangan perjuangan, saat dia tempati bersama dua saudaranya. ”Ini kosnya, sekarang kamarnya sudah ditempati orang. Dulu saya tempati bersama dua saudara saya,” paparnya.

Pengalaman menjadi anak kos, memberikan pelajaran penting tentang kesederhanaan. ”Dulu kalau mau sekolah jalan kaki, karena tidak punya motor,” ucapnya.

Pemilik kos, Tatak pun menyebutkan, mantan anggota DPR RI itu hidup dengan penuh kesederhanaan, dengan dua saudaranya yang lain. ”Dulu kalau mau makan, Pak Ganjar masak sendiri dengan saudaranya. Orangnya baik dan sopan,” tandasnya.

Riyan