blank
Pesawat Super Tucano milik TNI AU jatuh di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (16/11/2023). Foto: Tangkapan layar CNN

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dua pesawat milik TNI AU dilaporkan jatuh di wilayah Jawa Timur. Pesawat taktis EMB-314 Super Tucano milik TNI Angkatan Udara (AU) dilaporkan jatuh di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (16/11/2023).

Dilasnir dari Suara.com, pesawat tersebut bernomor registrasi TT-3103. Terlihat pesawat sudah dalam kondisi hancur parah. Menurut video tersebut, kobaran api pun sempat terlihat setelah pesawat terjatuh. Selain itu, kepulan asap pun tampak membubung ke udara saat pesawat itu terbakar.

Kapendam Brawijaya Kolonel Inf Rendra Dwi Ardhani membenarkan adanya kecelakaan tersebut. Namun dia mengaku belum mengetahui detail daripada kronologisnya.

“Jenis Tucano,” kaya Rendra kepada wartawan, kamis (16/11/2023).

Selain itu, Rendra juga mengaku belum mengetahui ada atau tidak korban luka atau jiwa di balik peristiwa kecelakaan ini. Berdasarkan informasi yang didapatkan, pesawat TNI AU yang sedang berlatih berjumlah lima pesawat.

“Belum tahu, nanti saya kabari,” katanya.

Diduga pesawat Super Tucano tersebut jatuh menabrak tebing di daerah Watugedek, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo.

Terlihat dari video yang beredar, salah satu pesawat hancur terjatuh di dasar jurang dan hanya tinggal terlihat bagian ekornya yang masih utuh.

Satu lagi pesawat terjatuh di tengah lahan pertanian milik warga yang masuk wilayah Kundi, Penanjakan-Bromo. Pesawat tersebut sempat mengeluarkan api dan suara ledakan.

Warga sekitar yang mengetahui kejadian pesawat jatuh tidak berani mendekat ke lokasi.

Claudia