blank
Para pelaku UMKM yang tergabung dari Kersa Perwakilan Wonogiri, menggelar Kopdar perdana di Wuryantoro, Wonogiri.(Dok.Ist Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kersa (Kerabat UMKM Soloraya) Perwakilan Wonogiri, mengadakan Kopdar (Kopi Darat) perdana. Tempatnya, di rumah Ketuanya, Irawan, di Dusun Purno Lor, Desa Pulutan Wetan, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Tokoh masyarakat Wonogiri, Tarmin, mengabarkan, acara Kopdar dikemas santai dengan nuansa Ndesa dan dihadiri oleh PJ Kepala Desa (Kades) Pulutan Wetan, Maryoko. Juga hadir Perwakilan dari BPJS Kesehatan, Danar, Perwakilan PT POS Indonesia, Heru.

Dalam acara tersebut menghadirkan narasumber pelatihan digital marketing, Putri Aqilla, Pengurus Kersa Wonogiri dan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 25 kecamatan Se-Wonogiri.

Kades Maryoko, menyatakan, Pemerintah Desa Pulutan Wetan, memberikan apresiasi dan dukungan yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya kegiatan Kopdar Kersa Wonogiri di wilayahnya. Maryoko, juga mengharapkan perkembangan UMKM khususnya di Desa Pulutan Wetan, dapat terus ditingkatkan dan perlu membangun kolaborasi dengan Kersa Wonogiri.

Dalam acara tersebut, Danar, dari BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Solo, memberikan sosialisasi tentang Perllindungan dan Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, terhadap para Pelaku UMKM. Harapannya, pertemuan seperti ini, dapat meningkatkan kompetensi usaha, juga para p-elaku UMKM mengikuti Program Perlindungan Kecelakaan Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan.

Heru, dari PT POS Indonesia Kantor Pos Besar Wonogiri, menyampaikan materi tentang pelayanan PT Pos Indonesia bagi para pelaku UMKM. Utamanya yang menggunakan layanan jasa kirim paket. ”Kami menyediakan kemudahan dan pelayanan jemput barang sampai rumah,” ujar Heru.

Digital Marketing

Kopdar juga diisi pelatihan digital marketing dari nara sumber Aqilla Putri Ramadhani. Yang menyampaikan paparan tentang pentingnya  digital marketing bagi para pelaku usaha khususnya UMKM.

Sekarang ini, tandas Agilla, sudah ada gadget dan berbagai aplikasi yang memungkinkan para pelaku UMKM bisa membuat content. Yang itu dapat membantu menaikkan penjualan, melalui promosi menggunakan digital marketing.

Ketua Kersa Wonogiri, Irawan, menyatakan, pihaknya memfasilitasi keinginan para anggota, untuk saling bertemu dan mengenal. Karena anggota berasal dari berbagai daerah di Wonogiri yang jarang sekali saling ketemu. Ke depan, kata Irawan, akan dibuat lagi event yang lebih bagus dan berkelas, dengan melibatkan dan berkolaborasi dengan berbagai komunitas UMKM, dinas terkait, perbankan dan para pihak terkait.

Acara Kopdar juga dimeriahkan berbagai permainan game dengan membagikan doorprize menarik, serta penyerahan secara simbolis Kartu Tanda Anggota (KTA) Kersa, sertifikat halal dan NIB, Kartu Kepersertaan BPJS bagi para pelaku UMKM yang tergabung dalam Kersa Wonogiri.

Kegiatan ini, juga dimeriahkan dengan menggelar bazar yang menjajakan beragam produk unggulan dari para pelaku UMKM. Di stand-stand bazar tersebut, juga disertai pelayanan transaksi jual beli produk UMKM.
Bambang Pur