blank
Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyerahkan secara simbolik KKPD kepada Sekda selaku Pengguna Anggaran Setda Jepara Edy Sujatmiko

JEPARA(SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Jepara pada Rabu (15/11/2023) me-launching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Ratu Shima Jepara itu menandai dimulainya belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menggunakan kartu kredit, mulai 1 Januari 2024 mendatang.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuagan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara Hamdan mengatakan, pada tahap awal, implementasi KKPD dilakukan di 2 perangkat daerah sebagai pilot project, yakni BPKAD dan Setda Jepara.

Sedangkan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyambut baik peluncuran tersebut. Menurutnya,ini merupakan inovasi pengelolaan keuangan daerah.

“Ini kemajuan signifikan. Saya minta setelah satu bulan ada tambahan OPD (organisasi perangkat daerah) yang menggunakan KKPD. Kalau perlu berlanjut ke kecamatan,” kata Edy Supriyanta saat meluncurkan keberadaan kartu tersebut. Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Sujatmiko, Perwakilan Bank Jateng Pusat Jhoni Anwar, Pemimpin Bank Jateng Cabang Jepara Kurniawan Adji Prajitno, dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Dalam video sosialisasi yang ditampilkan pada acara tersebut disampaikan, KKPD akan meminimalisasi penggunaan uang tunai dalam transaksi keuangan daerah. Implementasi KKPD juga mengurangi potensi fraud. Karena semua transaksi terekam dengan jelas oleh bank, maka penyalahgunaan uang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat diminimalisir.

Penggunaan KKPD mengurangi idle cash penggunaan uang persediaan di perangkat daerah. Dengan begitu, uang persediaan dapat optimal digunakan untuk pemenuhan kegiatan di tiap-tiap OPD. Selain itu, penggunaan KKPD juga meningkatkan keamanan transaksi APBD.

 

Hadepe – Bakopi