Universitas Diponegoro menggelar acara wisuda ke-172 dengan meluluskan 3.866 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan. (foto HP)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Diponegoro (Undip) menggelar upacara Wisuda ke-172 di Gedung Prof. Soedarto, Undip Tembalang, mulai Senin (13/11/2023).

Adapun acara wisuda ke-172 Universitas Diponegoro diselenggarakan dalam 14 tahap pada tanggal 13-17 November 2023 dan dilanjutkan pada 20-21 November 2023.

Sejumlah 3.866 wisudawan yang mengikuti wisuda ke-172 Undip ini dan 2.548 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude. Pada periode ini, Undip juga meluluskan 24 mahasiswa asing dan 13 mahasiswa dengan Double Degree.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama, mengucapkan selamat atas pencapaian para wisudawan dan orang tua wisudawan, karena pada saat ini telah berhasil mencapai titik kelulusan.

“Ilmu yang kita pelajari selama ini sesungguhnya adalah media keterhubungan kita dengan Sang Khalik, karena dengan ilmu itulah kita akan beribadah dalam bentuk ilmu amaliah. Di dalamnya harus dilandasi dengan integritas yang bersendikan kepada kejujuran, kebenaran, dan keadilan,” katanya, Selasa (14/11/2023).

Sementara itu, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Faisal, dalam laporannya menyebutkan secara rinci 3.866 wisudawan yang diluluskan pada wisuda ke-172 Undip kali ini.

Mahasiswa yang lulus 23 orang adalah dari program Doktor, 327 orang dari program Magister, 60 orang dari program Spesialis, 108 orang dari program Profesi, 2.485 orang dari program Sarjana, 800 orang dari program Sarjana Terapan dan 63 orang dari program Diploma.

“Semoga semua wisudawan senantiasa sukses dalam meniti karir dan selalu menjadi teladan yang baik bagi masyarakat,” kata Prof. Faisal kepada para wisudawan yang resmi menjadi lulusan Undip.

Lebih jauh dirinya berpesan agar gelar akademik yang dimiliki mampu dikembangkan sampai derajat setinggi-tingginya dan diamalkan dengan sebaik-baiknya.

Sesuai dengan visi misi Undip sebagai universitas riset yang unggul, Undip terus meningkatkan prestasi. Bahkan Undip menjadi universitas dengan lulusan tercepat yang mendapatkan pekerjaan.

Menurutnya, pembangunan nasional berkelanjutan dilaksanakan dengan sinergi bersama guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, bangsa, dan negara, serta kebahagiaan umat manusia.

“Harapannya, lulusan Undip dapat menjadi penggerak utama kemajuan negeri di bidang pendidikan, ekonomi, kesejahteraan, kemanusiaan, dan sebagainya pada tingkat nasional dan internasional,” katanya.

Hery priyono