blank
Pengurus Siwo PWI Jateng, saat beraudiensi dengan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jateng, Agung Hariyadi, beberapa waktu lalu. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo-PWI) Jawa Tengah, Erwin Ardian mengatakan, pihaknya akan kembali menggelar malam resepsi Anugerah Olahraga, bagi insan olahraga di provinsi ini.

Tahun ini, Anugerah Olahraga 2023-Siwo PWI Jateng, akan dilaksanakan di UTC Convention Hotel, Jalan Kelud Raya, Semarang, Rabu (6/12/2023).

Menurut Erwin, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Siwo PWI terhadap semua pelaku dan pegiat olahraga di Jateng, sepanjang dua tahun terakhir.

BACA JUGA: Lapas Semarang Ubah Layanan Kunjungan WBP, yuk Simak Jadwalnya!

”Sejumlah ajang kompetisi di tingkat regional, Nasional, Asia bahkan dunia, menjadi acuan kami dalam menentukan pilihan. Baik single event maupun yang multievent,” kata Erwin dalam keterangannya di Semarang, Minggu (12/11/2023).

Dalam menentukan nomine, lanjutnya, panitia melakukan seleksi yang sangat ketat. Pihaknya bahkan membentuk tim seleksi, yang anggotanya tidak hanya dari kalangan wartawan, tapi juga dari unsur akademisi dan pemerintah.

Siwo PWI Jateng ditandaskan Erwin, berkomitmen untuk ambil bagian dalam peningkatan prestasi olahraga di Jateng, sesuai dengan kompetensinya. Menurutnya, Jateng saat ini harus mulai membenahi sistem pembinaan olahraganya.

BACA JUGA: Satu Calon Haji Lansia Berusia 109 Tahun Siap Berangkat

”Hasil PON Papua lalu menunjukkan, jika provinsi lain di luar Pulau Jawa sudah menunjukkan peningkatan prestasi olahraga yang sangat pesat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dian Chandra menambahkan, ada empat kategori dan 17 sub kategori dalam Anugerah Olahraga 2023 ini. Keempat kategori itu adalah, Kategori Umum dengan tujuh sub kategori, yaitu atlet putra/putri terbaik, tim, pelatih dan pembina olahraga terbaik, serta atlet harapan putra/putri terbaik.

Kategori kedua Penyandang Disabilitas dengan tiga sub kategori, yakni atlet putra/putri serta pelatih terbaik. Adapun Kategori Khusus, nominasinya adalah Pengkot/Pengkab, Pengprov Induk Olahraga serta KONI Kota/Kabupaten Terbaik.

BACA JUGA: PSIW Puncaki Klasemen Grup E Liga 3 Jateng

Selain itu, di kategori ini juga ada dan akan dipilih Tokoh, Kepala Daerah serta Perusahaan, yang dinilai peduli terhadap peningkatan prestasi olahraga. Sedangkan di kategori terakhir, akan dipilih figur olahraga di Jateng sebagai penerima Lifetime Achievement.

Dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnya, jumlah nomine tahun ini dikatakan Chandra lebih banyak. ”Kami berharap, kegiatan ini dapat secara rutin dilaksanakan Siwo PWI Jateng. Kali terakhir kegiatan serupa digelar pada 2010 lalu,” tambahnya.

Guna mematangkan kegiatan itu, lanjut dia, pihaknya intens berkomunikasi dengan KONI dan melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, Agung Hariyadi.

Riyan