KIRAB - Wali Kota Tegal, Dedy Yob Supriono menyalami peserta kirab. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, menerima Kirab  Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Purbalingga di Jalan Pancasila, Sabtu (11/11/2023). Penyelenggara Pemilu, para pemangku kepantingan deklarasi dan menandatangani komitmen bersama untuk  Pemilu 2024 sebagai sarana integritas bangsa.

Isi deklarasi dan komitmen bersama diantaranya, mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa. Melaksanakan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegras dan bertanggungjawab terhadap proses serta hasilnya. Mewujudkan Pemilu untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan bangsa,” kata Ketua KPU Kota Tegal Elvy Yuniarni saat memimpin deklarasi.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya berharap agar tingkat partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi tahun depan lebih meningkat lagi. Dari sebelumnya, 76-77 persen, menjadi 90 persen.

Dedy berharap, agar tingkat partisipasi pemilih di Kota Tegal lebih tinggi dari Provinsi dan Nasional. Kalau kemarin di atas 70 persen, maka kedepan harus 90 persen.

KPU bersama pihak-pihak terkait termasuk peserta Pemilu 2024 diminta gencar melaksanakan sosialisasi. Selain itu, ada

tiga kelompok pemilih yang perlu mendapatkan perhatian dan prioritas.

Manurut Dedy kelomook pertama perantau, KPU dan Pemkot perlu mengkoordinasikan warga Kota Tegal yang merantau. Sehingga, saat pencoblosan bisa hadir di TPS dan memberikan suara.

Kelompok kedua, kata Dedy Yon, kelompok lansia yang berusia di atas 60 tahun. Bila perlu penyelenggara perlu memfasilitasi mereka untuk datang ke TPS. “Dan kelompok ketiga, kelompok pemilih pemula. KPU perlu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk sosialisasi di sekolah-sekolah,” terangnya.

Usai penandatanganan komitmen, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan kirab Pemilu 2024 yang diikuti seluruh Parpol yang ada. Kirb di lepas oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon didampingi Ketua DPRD Kusnendro, Forkopimda, Ketua KPU dan Bawaslu, Pimpinan Parpol dan tokoh agama.

Kirab Dari Jalan Pancasila melalui Alun-alun Kota Tegal, Jalan KH Dahlan, Jalan Kartini, Jalan AR Hakim, Jalan Doponegoro Jalan A Yani, Jalan Veteran, dan berkahir di depan Gedung DPRD Jalan Pemuda Kota Tegal.

Sutrisno