Sebanyak 430 Jeeja Tae Kwon Do Blora ikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) GEUP (IX-III) Periode terakhir 2023 di GOR Mustika Blora. Minggu, 12 November 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Agar prestasi bisa dihargai, sekaligus untuk menambah point dalam berkarier mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya,  ratusan Jeeja (anak didik atlet) Taekwondo (Tae Kwon Do) Indonesia  Kabupaten Blora mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) GEUP (IX-III) Periode terakhir 2023 di GOR Mustika Blora. Minggu (12/11/2023).

Ketua Pengurus Cabang Taekwondo Kabupaten Blora, Apt. Dadang Kun Septianto S.Farm menjelaskan bahwa jumlah peserta UKT GEUP (IX-III) periode terakhir 2023 sebanyak 430 Jeeja.

“UKT GEUP (IX-III) periode terakhir 2023 sebanyak 430 Jeeja. Alhamdulillah dari tahun ke tahun, dari waktu ke waktu progres perkembangan Taekwondo di Blora semakin meningkat, dibuktikan dengan jumlah peserta UKT yang terus meningkat,” ungkap Dadang Kun Septianto.

Dadang Kun Septianto menambahkan, pihaknya segera merapatkan barisan khususnya dengan dinas instansi terkait.

“Dan mohon petunjuknya kepada Pak Bupati Blora, untuk tahun depan InsyaAllah, Blora bisa mengadakan, yang pertama, event turnamen Championship dengan target kurang lebih 1.000 peserta tingkat Jawa Tengah,” harap Dadang Kun Septianto.

Selain itu, kata Dadang, juga berencana mengundang Pengurus Kabupaten Taekwondo yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, sehingga bisa ikut andil, terutama di Jawa Timur, seperti Kabupaten Bojonegoro, Madiun dan Kabupaten

Tuban.

“Karena dengan olahraga bisa merukunkan semua, menyehatkan bangsa dan negara,” tegas Dadang Kun Septianto.

Yang kedua, lanjut Dadang Kun Septianto, sudah koordinasi dengan Pengprov Jateng bahwa setelah penerimaan Dan-Hitam kepada Bupati Blora beberapa waktu lalu di Surakarta, Pengprov Jateng berjanji akan mengadakan UKT sabuk merah ke atas sampai Dan-Hitam di Kabupaten Blora.

“Nah itu akan kita segera rapatkan barisan, koordinasi dengan Pengprov Jateng untuk bisa dilaksanakan di tahun 2024, karena secara sarana prasana kita sangat memadai, dan lokasi perhotelan juga memadai. Insyaallah, tahun depan ada beberapa event Championship dan UKT di Blora,” kata Dadang Kun Septianto.

Pada kesempatan itu, penguji UKT GEUP (IX-III) Periode terakhir 2023 dari Pengprov Jateng, Aries Budi Nugroho mengatakan potensi Taekwondo di wilayah Kabupaten Blora sangat besar sekali dan luar biasa sehingga harus dikelola agar berprestasi.

Prestasi Dihargai

“Tanpa peran serta Bapak Ibu, orang tua, mungkin 98 persen akan tidak maksimal. Karena dilihat dari grafik, mengikuti berbagai event, kami perhatikan banyak yang menorehkan prestasi, baik di event open turnamen mauapun multi event, Popda dan Porprov, jadi mohon supportnya,” ucap Aries Budi Nugroho saat menjadi pemimpin upacara pembukaan UKT GEUP (IX-III) Periode terakhir 2023.

Dikatakan Aries Budi Nugroho, menuju prestasi adalah hal yang terpenting, karena prestasi sangat dihargai untuk menambah point dalam berkarier mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.

“Dari SD menuju SMP, kalau ada piagamnya, akan menjadi nilai tambah,” ujar Aries Budi Nugroho.

Untuk kali ini, lanjut Aries Budi Nugroho, yang akan diujikan adalah materi-materi yang harus dilakukan para siswa, apapun hasilnya harus ada evaluasi.

“Semoga semuanya nanti dapat lulus, bisa naik sabuknya dan berlatihnya terus kontinyu sesuai jadwal,” tandas Aries Budi Nugroho.

Hadir pada pembukaan UKT Taekwondo GEUP (IX-III) Periode terakhir 2023, perwakilan KONI Blora dan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinporabudpar Rustam, SE. MM serta penguji dari Pengprov Jateng.

Adapun rinciannya, Geup 9 sebanyak 198 Jeeja. Geup 8 sebanyak 80 Jeeja. Geup 7 sebanyak 86 Jeeja. Geup 6 sejumlah 19 Jeeja. Geup 5 sebanyak 31 Jeeja. Geup 4 sejumlah 3 Jeeja. Geup 3 sejumlah 13 Jeeja.

Sebelum ujian dimulai ditampikan atraksi para atlet Taekwondo Blora. Aksi tendangan dan pukulan serta jurus yang ditampilkan sangat memikat dan memotivasi peserta UKT.

Kudnadi Saputro