Arkhan Kaka merayakan gol pertama Indonesia ke gawang Ekuador, pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U17, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023). Foto: pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Nasional U17 Indonesia mengawali kiprahnya di Piala Dunia U17 2023 dengan tampil apik. Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin, Ekuador, dengan skor 1-1, pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U17, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Presiden RI, Joko Widodo pun mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia, yang mampu mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia kali ini.

”Dengan hasil ini, kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi, karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu ranking 38 FIFA, yang satu 145,” ujar Jokowi sesuai laga, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

BACA JUGA: Indonesia Jadi ‘Impossible Country’ yang Diikat dengan Pancasila

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, juga memberikan apresiasi atas perjuangan Arkhan Kaka dkk. Menurutnya, semangat Hari Pahlawan 10 November, yang tepat jatuh hari ini di Kota Surabaya, menjadi inspirasi untuk mencetak sejarah.

”Alhamdulillah, tepat di Hari Pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak mmapu menunjukkan semangat tak mau kalah. Di hari bersejarah ini, kita meraih hasil yang juga bersejarah bagi persepakbolaan Indonesia, dengan merebut poin pertamanya di Piala Dunia U17,” ungkap dia.

Erick pun menilai, dukungan suporter termasuk dari Presiden Jokowi yang hadir langsung, mampu membakar semangat pemain. Disebutkan dia, ini merupakan kebanggaan tersendiri, karena Indonesia mampu tampil baik di laga yang disorot dan disaksikan tokoh sepak bola dunia itu, termasuk Presiden FIFA, Gianni Infantino.

”Terima kasih atas dukungan para suporter, termasuk Presiden Jokowi, yang telah menjadi pemain ke-12 bagi Indonesia. Hari ini kita buktikan kepada dunia, Indonesia bisa! Sekali lagi terima kasih,” tutur Erick.

Riyan