blank
Wakil Ketua DPRD Jepara Junarso

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat disambut antusias oleh masyarakat Jepara. Salah satunya adalah Wakil Ketua DPRD Jepara Junarso yang sejak Agustus 2022 telah menyatakan optimismenya bahwa  Ratu Jepara yang sangat antikolonialisme ini akan mendapatkan anugerah Pahlawan Nasional dari Pemerintah RI.

Menurut Junarso, kalau semula masyarakat  mengenal Ratu Kalinyamat sebagai kekuatan kultural, kini setelah ditetapkan sebagai pahlawan nasional tentu harus menjadi kekuatan struktural masyarakat dan juga para pemangku kepentingan.

“Karena itu menjadi kewajiban masyarakat dan Pemkab Jepara untuk terus menghidupkan gagasan-gagasan serta spiritnya untuk pembangunan Jepara yang lebih baik,” ujar Junarso Sabtu (11/11-2023).   Dengan demikian gelar pahlawan nasional bisa bermakna bagi kita.

Ia lantas menjelaskan, seni ukir yang telah dikembangkan pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat yang dibuktikan dengan artefak ornamen  masjid Mantingan kini mengalami penurunan dan bahkan ditinggalkan para pewarisnya. “ Ini menjadi tantangan kita bersama untuk kembali membangkitkannya.,” ujar Junarso. Salah satunya dengan menjadikan seni ukir sebagai muatan lokal sekolah agar anak-anak tumbuh kecintaannya pada seni ukir.

Selanjutnya perlu diperhatikan juga pendidikan seni ukir di SMK. “Walaupun ini menjadi ranah pemerintah provinsi, tentu menjadi kewajiban daerah untuk mengusulkan dengan sungguh-sungguh. Sebab tanpa lembaga pendidikan, mustahil kita dapat melestarikan seni ukir,” tutur Junarso. Agar minat anak-anak tumbuh, maka pemkab bisa saja memberikan bea siswa kepada mereka yang berminat sebagai insentif, tambahnya.

Disamping itu pewarisan nilai juga harus dilakukan melalui sekolah-sekolah. “Sebab jika hanya mengandalkan materi ajar yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek, dipastikan tidak ada materi ajar tentang Ratu Kalinyamat,” terangnya.

Karena itu penerbitan buku tentang Kalinyamat dapat dilakukan untuk mengisi kekosongan pustaka tentang Ratu Kalinyamat. Juga diskusi atau sarasehan tentang beliau untuk mendesiminasikan nilai,gagasan dan spiritnya, tambah Junarso. Dengan demikian anugerah pahlawan nasional bagi Ratu Kalinyamat dapat menumbuhkan kebanggaan bagi putra putri Jepara.

Hadepe