blank

Tujuh mahasiswa Unissula lolos dalam program Wirausaha Merdeka di Polines. Mereka adalah Cindy Kusumawati dan Siti Sariatul Khoiriyah dari Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Aminuddin Ghozali dari Prodi S1 Teknik Informatika. Dwi Aris Setyawan, Fani Dwi Setyo Pratiwi, Yuhyialin Istiana Nur Mi’roja dan Lailatul Diniyah dari prodi S1 Manajemen.  Program tersebut berlangsung dari 28 Agustus -16 Desember 2023.

Sariatul Khiriyah mengatakan Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program tersebut  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

“Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 menargetkan terciptanya 1 juta wirausaha baru pada tahun 2024. Wirausaha Merdeka merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung terciptanya wirausaha baru secara komprehensif, juga menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa di Indonesia.

Polines menjadi salah satu dari 34 perguruan tinggi pelaksana program wirausaha merdeka

di Indonesia. Dalam menjalankan program wirausaha merdeka berikut beberapa kegiatan yang dilakukan penyelenggara antara lain: grand launching dan seminar akbar kewirausahaan, pemetaan karakter dan potensi peserta, pembelajaran intensif di kelas dengan praktisi bisnis.

Agenda liannya  pembelajaran di luar kampus bersama para mentor, bootcamp bisnis tiga hari dua malam, pembuatan prototype bisnis. Pitching dengan coach dan calon investor, uji kompetensi BNSP skema kewirausahaan level IV dan pameran hasil karya wirausaha merdeka Polines.