blank
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luhtfi saat memberikan keterangan terkait kegiatan doa bersama jelang Pemilu di Mapolda Jateng. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID)  – ‘Doa Bersama untuk Negeri dalam Rangka Pemilu Damai 2024’ berlangsung di halaman Mapolda Jateng, Kota Semarang, Rabu (8/11/2023) malam.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luhtfi mengatakan, doa bersama ini dilaksanakan menjelang Pemilu. Untuk meningkatkan keamanan Pemilu, pihaknya melakukan kegiatan doa bersama menggandeng Forkopimda Provinsi yang diikuti dari berbagai unsur mulai dari Gubernur, Pangdam IV/Diponegoro, tokoh agama, KPU, Bawaslu, FKUB, perwakilan partai politik dan unsur lainnya.

Luthfi menyebut, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang harapannya di wilayah Jawa Tengah tercipta situasi yang kondusif.

Menurut Luthfi, total ada 1.200 orang yang terlibat dalam kegiatan doa bersama di halaman Mapolda Jawa Tengah  malam ini.

Kegiatan ini juga dalam rangka memberikan jaminan keamanan terkait Pemilu 2024 mendatang. “Kita berharap dengan doa bersama ini dapat memberikan wilayah Jawa Tengah dalam situasi yang kondusif, memberikan spirit baik kepada pemeluk agama Islam dan agama lainnya,” terang Luthfi.

Sementara dalam pengamanan Pemilu, Polda Jawa Tengah mengerahkan 22 ribu personel gabungan ke 117 ribu titik Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pihaknya dalam Pemilu 2024 berkomitmen mengutamakan netralitas, dan melakukan tugas dengan profesional dan prosedural.

Ia menjelaskan, jelang Pemilu 2024, Polda Jawa Tengah juga mewaspadai pergerakan terorisme di Jawa Tengah. Untuk itu pencegahan aksi terorisme menjelang Pemilu menjadi prioritasnya.

Pihaknya akan memaksimalkan fungsi-fungsi pengawasan intelejen termasuk bekerja sama dengan BIN, Densus 88 dan lembaga lainnya.

Ning S