blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang memberikan Pelatihan dan Pendampingan Perhitungan RAB di Sekolah Alam Ar Ridho Semarang, baru-baru ini.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Semarang memberikan Pelatihan dan Pendampingan Perhitungan RAB di Sekolah Alam Ar Ridho Semarang, baru-baru ini.

Tim terdiri atas Ketua Ir. Faizal Mahmud, S.T., M.T, Ir. Kukuh Wisnuaji Widiatmoko, S.T., dan Son Haji, S.T., M.T.

Menurut Faizal, kegiatan ini diikuti pengelola Sekolah Alam Ar Ridho mulai dari PAUD sampai dengan SMM yang bertempat di ruang direktur Sekolah Alam.

”Sasaran kegiatan sendiri lebih ke arah memberikan edukasi, pelatihan dan pengetahuan tentang permasalahan pada saat perencanaan untuk pembangunan maupun pada saat pelaksanaan yang sering ditemukan kendala berupa tidak pahamnya cara perhitungan volume pekerjaan, penentuan harga material /harga satuan pekerjaan, hingga pada saat pelaksanaan pembangunan sering mengalami pembengkakan biaya,” ujarnya.

Dia mengatakan, perhitungan rencana anggaran biaya bermanfaat sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pembangunan serta sebagai kontrol jika terjadi pembengkakan biaya pada pembangunan, sehingga dapat dapat dilakukan penataan ulang pembiayaan, jadwal pekerjaan serta penyesuaian beberapa pekerjaan agar biaya pekerjaan tidak melebihi biaya yang direncanakan.

”Kondisi yang ada pada mayoritas pengelola Sekolah Alam Ar ridho masih banyak belum memahami tentang perencanaan anggaran biaya dan pengelolaan pada saat pekerjaan berlangsung,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan perencanaan anggaran biaya bagi sekolah Ketika akan melakukan Pembangunan maupun renovasi. Selain itu, bagi Universitas Semarang sebagai bentuk salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, juga sebagai tambahan informasi bagi dosen berkaitan dengan Pelatihan Dan Pendampingan Perhitungan RAB.

Selama kegiatan, katanya, peserta diberikan pelatihan pembuatan rencana anggaran biaya meliputi perencanaan item pekerjaan, volume pekerjaan, harga satuan pekerjaan, aharga borong dan upah tenaga serta harga material yang digunakan pada masing-masing item pekerjaan.

”Di akhir kegiatan, dilakukan evaluasi melalui tanya jawab dan diskusi mengenai pemahaman terhadap pentingnya perencanaan anggaran biaya sebelum melakukan Pembangunan dan juga cara mengontrolnya agar tidak melebihi anggaran yang direncanakan,” tandasnya.

Muhaimin