blank
Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menyelenggarakan Pelatihan Paralegal Angkatan Ke-4 di Gedung V Lantai 6, Universitas Semarang pada 7 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menyelenggarakan Pelatihan Paralegal Angkatan Ke-4 di Gedung V Lantai 6, Universitas Semarang pada 7 November 2023.

Pelatihan paralegal ini mengusung tema ”Urgensi Paralegal Guna Mewujudkan Keadilan”.

Ketua Panitia, Agus Saiful Abib, S.H., M.H mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu sarana penunjang dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia, paralegal dan mahasiswa khususnya di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Semarang.

Dia berharap, melalui kegiatan ini peserta memiliki pengetahuan dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat (kaum miskin) dan marjinal dalam mengakses keadilan.

”Sasaran peserta dalam kegiatan ini adalah paralegal mahasiswa di dalam dan luar lingkungan Fakultas Hukum Universitas Semarang dengan jumlah peserta secara keseluruhan berjumlah 102 mahasiswa. mahasiswa Fakultas Hukum yang berasal dari luar Universitas Semarang terdiri dari UIN Walisongo Semarang, Undaris, Undip, Unnes, Universitas Ngudi Waluyo, Unwahas, dan Untag Semarang.

Kegiatan Paralegal dibuka Dekan FH-USM, Dr. Amri P. Sihotang, S.S.,, S.H., M.Hum.

Menurut Amri, Fakultas Hukum USM sebagai institusi pendidikan menjadi miniatur laboratorium yang memiliki manfaat besar bagi mahasiswa dan khususnya pada paralegal.

”Paralegal adalah seseorang yang secara khusus membantu masyarakat (kaum miskin) dan marjinal, yang karena keterampilan khusus dan memiliki pengetahuan hukum (dasar) serta mampu memberikan pelayanan, pendidikan hukum, dan bimbingan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia mengatakan, pelatihan paralegal ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan meningkatkan kualifikasi paralegal dalam memberikan bantuan hukum.

Kegiatan Paralegal menghadirkan 4 orang Narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, yaitu: Dr. Tri Mulyani, S.Pd., S.H., M.H. (akademisi FH USM), Slamet Haryanto, S.H., M.H. (DPC Peradi Semarang), Eti Oktaviani, S.H. (LBH Semarang) dan Dr. Aris Septiono, S.H., M.H., LLM. (DPD Ikadin Jawa Tengah).

Muhaimin