Lapas High Risk Nusakambangan gelar razia kamar hunian narapidana. Foto: Dok/Humas

NUSAKAMBANGAN (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pasir Putih Nusakambangan menggelar razia (penggeladahan) kamar hunian dan tes urine bagi narapidana, Selasa (7/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut dipimpin Kepala Lapas Pasir Putih, Enjat Lukmanul Hakim yang menggandeng Polri dan TNI.

Menurut Enjat, penggeledahan kamar hunian ini dilaksanakan untuk memastikan tidak ada barang-barang larangan dan berbahaya di dalam Lapas seperti handphone, narkoba, uang dan barang terlarang lainnya.

BACA JUGA: Wali Pemasyarakatan Lapas High Risk Pasir Putih Kanwil Jateng Terima Penghargaan dari BNPT

Usai pengarahan dan pembagian tugas, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Pasir Putih bersama tim melakukan penggeledahan blok hunian. Puluhan ranger hitam Pasir Putih mengenakan kostum high risk, yaitu helm taktikal dan rompi anti senjata tajam (sajam), masker dan sarung tangan, sesuai SOP Lapas High Risk.

“Dalam penggeledahan tidak ditemukan barang terlarang. Kami melaksanakan penggeledahan rutin minimal 12 kali dalam satu bulan sesuai perintah Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Jateng, dengan selalu mendukung perintah Dirjen Pemasyarakatan, yaitu 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basic,” ungkap Enjat.

Enjat mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengedepankan SOP dan humanis.