Kanit Kamsel Satlantas Plres Grobogan Ipda Moch Agus Salim memberikan sosialisasi tentang keselamatan berkendara. Foto: Satlantas Grb

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sat Lantas Polres Grobogan datang ke Madrasah Aliyah (MA) Sofa Marwa di Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Selasa (7/11/2023).

Kunjungan personel Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Sat Lantas Polres Grobogan unit dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh siswa MA Sofa Marwa, agar mereka tertib berlalu lintas dan menjaga keamanan saat berkendaran di jalan raya.

Kanit Kamsel Ipda Moch Agus Salim mengatakan, sosialisasi kepada para siswa ini lantaran marak terjadi insiden kecelakaan, dengan para pengendara yang terlibat umumnya mereka masih di bawah umur atau berstatus pelajar.

Para siswa terlihat menyimak arahan yang disampaikan oleh, Ipda Moch Agus Salim.

“Saat ini, banyak pelajar yang sudah dibekali orang tuanya untuk bawa kendaraan sendiri. Baik itu yang masih SMP atau SMA, tetapi masih di bawah umur. Karena itu, adik-adik yang belum usia 17 tahun, kita imbau agar tidak menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya,” ujar Ipda Agus Salim, sapaan akrabnya.

Larangan bagi para siswa yang belum 17 tahun untuk membawa kendaraan bermotor di jalan raya, tidak lain karena belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), yang untuk mendapatkannya melalui proses seperti tes psikologi, tes kesehatan, dan tes mengemudi.

“Sadar lalu lintas sejak dini dan taati peraturan yang ada. Ada kecelakaan terjadi karena semua diawali dari pelanggaran,” ungkap Ipda Agus Salim, dalam arahannya.

Selain itu, Ipda Moch Agus Salim juga memberikan edukasi tentang pentingnya untuk tidak melakukan bullying yang berdampak negatif bagi para siswa.

“Saling mengasihi satu sama lain, jangan mem-bully teman kalian dan juga jangan ada tebersit melakukan kekerasan seperti tawuran. Mari dari sekarang melakukan hal-hal yang positif dan berguna untuk masa depan kalian,” imbau Ipda Moch Agus Salim.

Arahan Kasat Lantas

 

Menurut Ipda Moch Agus Salim, kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan unit Kamsel Sat Lantas Polres Grobogan. Hal tersebut mengacu pada arahan dari Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono.

Dalam keterangannya, Kasat Lantas AKP Tejo Suwono menjelaskan, kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Grobogan.

“Dalam rangka menekan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Grobogan, salah satunya dilakukan dengan upaya pembangunan SDM untuk patuh dan tertib terhadap peraturan. Ada tiga komponen dasar, yakni sikap, skill dan knowledge yang mampu meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata AKP Tejo Suwono melalui Ipda Moch Agus Salim.

Pihaknya berharap, sejak dini mencegah pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan. Selain itu, Ipda Moch Agus Salim meminta kepada para siswa agar menyelamatkan diri dan orang lain dari kecelakaan.

“Jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME agar diberikan keamanan, keselamatan, ketertiban dan keteraturan berlalu lintas di jalan raya,” pesan Ipda Moch Agus Salim.

Tya Wiedya