Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengungkapkan alasan Ibu Kota Jawa Tengah menjadi incaran investor menanamkan modalnya. Selain mal, saat ini banyak investor properti seperti hotel dan apartemen yang mulai berinvestasi di Kota Semarang.

Menurutnya, Kota Semarang mempunyai resep khusus menggaet para investor. Salah satunya yaitu, melalui kemudahan mengurus perizinan.

“Resepnya sama, cuma kolaborasi yang lebih penting,” katanya usai meresmikan REZ Hotel Kota Semarang, Senin (6/11/2023).

Dia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memiliki sistem terpadu dalam memberikan perizinan terhadap para investor. Upaya tersebut merupakan buah dari kerja kerasnya bersama jajaran Pemkot Semarang serta dukungan dari masyarakat.

“Saya selalu mengejar teman-teman. Kalau dulu investor mengurus izin sendiri-sendiri, sekarang saya buatkan zoom, karena ketemu susah. Di sana ada dinas-dinas terkait dan calon investor melakukan paparan,” katanya.

Di dalam rapat daring tersebut, para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait juga akan memberikan informasi tentang perizinan secara lengkap kepada para calon investor.

Mulai rekomendasi Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin), hingga Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL). Termasuk dokumen krusial yang harus terpenuhi yaitu, Keterangan Rencana Kota (KRK).

“Jadi modelnya saya ubah. Dan teman-teman (jajaran OPD terkait-red) ini kompak, sadar bahwa investasi itu dibutuhkan di Kota Semarang,” ujarnya.

Dengan kemudahan yang diberikan tersebut, maka investor merasa nyaman untuk berinvestasi di Kota Semarang. Kendati proses mudah dan cepat, ia tetap menekankan regulasi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Bahkan para investor mengapresiasi karena Kota Semarang paling cepat perizinannya dari pada daerah lain,” imbuh dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, mal dan pusat perbelanjaan terus bermunculan di Kota Semarang. Hal ini dikarenakan kemudahan yang diberikan dalam perizinan.

Setidaknya terdapat beberapa pembangunan mal dan pusat perbelanjaan yang sedang berlangsung di Kota Semarang. Di antaranya, pembangunan Padma Piazza di Semarang Barat, dan pembangunan Mal 23Semarang di POJ City Kawasan Marina, dan akan hadir Superblock Pakuwon Mal dibangun di Kawasan Bukit Gombel Lama, Kota Semarang.

Sebelumnya, pada tahun ini telah ada Uptown Mall BSB City Mijen dan The Park Mall Jalan Madukoro. Bahkan, mal dan pusat perbelanjaan lawas juga dipoles menyesuaikan perkembangan.

Heri Priyono