blank
SMAN 12 Semarang meraih juara dalam Lomba Kewirausahaan tingkat SLTA sederajat pada kegiatan Minat dan Bakat FE USM di Auditorium Ir Widjatmoko USM, 31 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– SMAN 12 Semarang meraih juara dalam Lomba Kewirausahaan tingkat SLTA sederajat pada kegiatan Minat dan Bakat FE USM di Auditorium Ir Widjatmoko USM, 31 Oktober 2023.

SMAN 12 Semarang meraih tempat terhormat dengan mengangkat tema produk ”Melestarikan Warisan Budaya Indonesia dengan Inovasi Produk Kreatif dari Batik Shibori”.

Juara 2 diraih SMAN 7 Semarang dengan produk ”S’ Palf Nature Scrub”, sedangkan SMAN 10 Semarang menempati urutan ketiga dengan produk ”Arkala”. Untuk juara harapan 1 diraih SMAN 2 Semarang, juara harapan 2 diraih SMA N 15 Semarang, dan juara harapan 3 diraih SMA Muhammadiyah 1 Semarang.

Untuk lomba kewirausahaan tingkat mahasiswa, juara 1 diraih Tim Tsuwaibatur Rosyidah dengan produk ”Abon Ikan Bandeng”, juara 2 diraih tim Devinta Yemima Christianto dengan produk ”Inovatif Sadajiwa”, dan juara 3 diraih tim Rizki Saputra dengan produk ”Bricket (Arang)”.

Untuk juara harapan 1 diraih tim May Shitoh Eriani Kirana dengan produk ”Selai Kulit Buah Naga”, juara harapan 2 diraih tim Susilowati dengan produk ”Teh daun Kelor Rasa Jahe”, dan juara harapan 3 diraih tim Indri Bagas Saputra dengan produk ”Tahu Walik Mas Kribo”.

Ketua Panitia, Dr. asih Niati, SE., MM mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengajak para mahasiswa FE USM dan para siswa SLTA sederajat untuk turut berkreativitas dan menciptakan inovasi dalam bentuk wirausaha.

Selain lomba kewirausahaan, katanya, pihaknya juga menggelar Pelatihan Teknik Publikasi Artikel Ilmiah dengan menghadirkan narasumber Dr. Mohamad Sodikin, S.Ag., S.Pd., M.M. Kegiatan ini mengundang guru-guru SLTA Sederajat se-Kota Semarang.

Wakil Dekan Bidang Akademik FE USM, Teguh Ariefiantoro SE., MM mengatakan, melalui kegiatan ini, mahasiswa dan siswa/siswi semakin meningkat pola pikir kreatifnya sehingga generasi penerus bangsa akan semakin siap dalam menghadapi tantangan perubahan di masa yang akan datang, dan siswa/siswi SMA semakin mengenal FE USM lebih dekat sehingga akan meningkatkan animo untuk masuk ke FE USM.

”Selain itu, pelatihan teknik publikasi artikel ilmiah bagi Bapak/Ibu guru SLTA sederajat akan dapat menjadi bantuan bagi Bapak/Ibu guru semakin mudah untuk melakukan pembelajaran dan publikasi artikel ilmiah,” ungkap Teguh saat membuka kegiatan tersebut.

Muhaimin