blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Mlati Baru, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, pada 1 November 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Mlati Baru, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, pada 1 November 2023.

Tim PkM USM diketuai Adhi Widyakto, SE, MM, anggota Edy Suryawardana, SE, MM, dan Johanis Souisa, SE, MM. Mereka dibantu dua mahasiswi Fakultas Ekonomi USM yaitu Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Adhi mengatakan, tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Mlati Baru. Selain itu juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, Pemerintah dan masyarakat.

”Kami berharap, dengan mengoptimalkan pemasaran produk melalui pelatihan Pemasaran Digital dalam UMKM di Kelurahan Mlati Baru, pendapatan para pelaku UMKM meningkat,” katanya.

Menurutnya, respons peserta cukup bagus. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber.

”Bahkan mereka berharap, ada pelatihan lanjutan di masa mendatang,” ujarnya.

Dalam PKM ini mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen pelatihan. Selain itu mereka juga memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema dan konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi serta proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk.

Muhaimin