Vita Ervina menyerahkan bantuan secara simbolis kepada salah satu kelompok tani hutan, hari ini: Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – “Kami menggugah beberapa desa penyangga untuk peduli dan sadar menjaga kelestarian hutan, khususnya di Gunung Merbabu. Hari ini kami hadir untuk memberikan bantuan demi pemberdayaan dan meningkatkan potensi ekonomi warga di sekitar hutan”.

Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina, mengatakan hal itu dalam acara peningkatan kapasitas masyarakat Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, di aula Desa Jambewangi, Pakis, Kabupaten Magelang, hari ini (Rabu, 1 November 2023). Acara yang dipadu dengan sosialisasi bantuan ekonomi produktif bagi masyarakat sekitar kawasan hutan itu dia hadir bersama plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Nurpana Sulaksono, Kepala Cabang Dinas Kehutanan wilayah IX Jateng, Slamet Rohadi, serta Wawan Yanuar dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang.

Acara diikuti sejumlah kelompok tani penerima bantuan aspirasi tahun 2023 dan petani binaan Gravitasi Kecamatan Pakis serta Ngablak. Juga para narasumber kegiatan di desa berhawa dingin tersebut.

Selebihnya anggota FPDI-P itu mengatakan, terkait kebakaran hutan Merbabu yang terjadi pekan lalu, banyak dampak sosial yang harus diperhitungkan. Atas kondisi itu dia akan memberi bantuan, khususnya dampak pipa air yang terbakar. Juga akan memberikan bantuan air bersih, secepatnya. “Mungkin mulai besok pagi,” tuturnya.

Adapun bantuan yang diserahkan hari ini sebanyak empat paket. Yakni kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Karya, Desa Jambewangi sebesar Rp 50 juta untuk kandang domba komunal terintegrasi. Lalu KTH Sumber Rejeki Desa Gondangsari sebesar Rp 50 juta untuk rumah pembibitan tanaman horti. Kemudian Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Rejeki Desa Munengwarangan sebesar Rp 50 juta untuk pembibitan sayur dan pengembangan toko tani. Juga kepada KTH Ngesti Widodo Desa Tejosari Rp 50 juta untuk usaha pengolahan kopi.

Kemandirian

Plt Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Nurpana Sulaksono, menambahkan,
bantuan tersebut mendukung program pemerintah dalam memberikan kemandirian kepada masyarakat. Khususnya di wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu.

Bantuan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai aspirasi dari anggota Komisi IV Vita Ervina. Harapannya bantuan itu memberikan manfaat positif. Warga bisa semakin mandiri dan makin mendekatkan Taman Nasional Gunung Merbabu dan masyarakat.

Sementara itu terkait kebakaran hutan yang terjadi pekan lalu, menurut catatan dia yang terbakar seluas 848,5 hektare tersebar di tiga wilayah. Yakni Kabupaten Magelang, Boyolali dan Semarang. “Sekarang apinya sudah mati,” jelasnya.

Eko Priyono