Sekda Jepara Edy Sujatmiko meninjau produk.

JEPARA (SUARABARU.ID) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko berharap produk usaha Beton FABA – 10 yang diluncurkan Perumda Aneka Usaha benar-benar mendatangkan keuntungan bagi perusahaan pelat merah tersebut. “Pabrik berbahan baku fly ash dan bottom ash (FABA) ini perlu pengelolaan bisnis yang baik, ” ujarnya.

 

Menurut Edy, produk usaha dengan menggunakan bahan FABA ini telah lama dinantikan, sebab potensinya sangat besar. Sebab FABA ini adalah limbah PLTU. “Jangan berhenti pada acara serimonial, tapi harus menunjukkan progres, ” pintanya

Sekda Edy Sujatmiko mengungkapkan hal tersebut saat meresmikan pabrik tersebut di Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakisaji pada Selasa pagi (31/3/2023). Peresmian ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Jepara Haizul Ma’arif beserta sejumlah anggota dewan, direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), kepala perangkat daerah terkait, dan mitra usaha Perumda Aneka Usaha.

 

Produk baru dimaksud terdiri dari mortar, paving block dan batako, serta campuran material pengganti pasir yang diberi nama Beton Faba Fc.10. Produk ini dihasilkan dari bahan baku FABA, yang merupakan sisa hasil pembakaran batubara PLTU Tanjungjati B.

Menurut Edy Sujatmiko, dengan bahan baku yang melimpah, murah, dan kini tak lagi masuk kategori limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), produk olahan FABA dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, dan pada akhirnya berimbas ke setoran pendapatan asli daerah (PAD).

Direktur Utama Perumda Aneka Usaha Nur Cholis mengatakan, sebelum memutusan membuka pabrik produk berbahan baku FABA, pihaknya telah melakukan kajian dan analisa bisnis yang matang berdasar potensi yang ada di Jepara. Menurutnya, sejak tahun 2014 pihaknya telah ditunjuk dalam pengelolaan limbah FABA PLTU Tanjungjati B.

“Dengan pabrik ini, kami ikut membantu pemerintah daerah mengurangi penggunaan material tambang karena semua produk kami murni menggunakan FABA,” katanya.

Nur Cholis mengaku pihaknya telah mengantongi sertifikat uji laboratorium kualitas semua produk tersebut.

 

Hadepe