blank
Pengasuh Ponpes Nidzomiyah Jekulo Kudus, H Sya'roni. Foto:dok

KUDUS (SUARABARU.ID) – Respon positif dunia pesantren atas sejumlah program kerja Cawapres Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, yang disampaikan dalam pidato perdana sebelum mendaftar ke KPU.

Salah satunya adalah soal dana abadi pesantren yang ditujukan untuk pengembangan kualitas pendidikan bagi santri di pesantren.

Pengasuh pondok pesantren Nidzomiyah, Kecamatan Jekulo, Kudus, H Sya’roni menyebut program dana abadi pesantren adalah sebuah kejutan di tengah kontestasi Pilpres 2024.

“Kami sangat surprise sekali salah satu bakal calon wakil presiden secara khusus memberikan perhatian kepada santri dan pesantren di antara program kerja yang diusungnya,”kata Sya’roni, Jumat (27/10).

Adanya program tersebut, menurut Sya’roni bisa diartikan bahwa Gibran punya itikad baik untuk mengembangkan lembaga pendidikan pesantren.

“Kita pasti mendukung gagasan dana abadi pesantren ini. Kalangan pesantren sudah menunggu-nunggu kapan dana abadi pesantren ini bisa diwujudkan. Hal ini muaranya pada kebutuhan untuk menyiapkan generasi santri Indonesia yang unggul, handal, dan memiliki komitmen kebangsaan,” ucapnya.

Selain itu, Sya’roni juga mengatakan, dengan perhatian spesifik Gibran kepada santri dan pondok Pesantren, maka akan menambah energi dan vitamin bagi para santri.

Sebagai perwakilan generasi muda, ternyata Gibran memiliki perhatian khusus bagi dunia pesantren yang notabene adalah lembaga pendidikan mayoritas warga NU.

“Secara tak langsung, program dana abadi pesantren ini juga menyentuh warga Nahdliyin,”ungkapnya.

Ali Bustomi