Penampilan grup paduan suara peserta Lomba Paduan Suara Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 RRI Surakarta.(Dok/RRISka)

SURAKARTA (SUARABARU.ID) SMAN 1 Klaten berhasil  meraih juara 1 Lomba Paduan Suara Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 RRI Surakarta. Lomba diikuti 18 grup perwakilan SMA/SMK  sederajat di Solo Raya sukses digelar, Kamis (26/10)

Kepala LPP RRI Surakarta Atik Hindari mengatakan, lomba paduan suara yang berlangsung  merupakan salah satu event RRI Surakarta dan memiliki filosofi selaras dengan tujuan dari FPN 2023.

Diharapkan, filosofi paduan suara ini bisa diterapkan para generasi muda agar muncul harmonisasi indah dalam kehidupan sesuai dengan salah satu tujuan penyelenggaraan Festival Pelajar Nusantara.

“Filosofinya, berbagai suara bisa disatukan dan tidak ada yg menonjol, semua sama, serta  menghasilkan harmonisasi yang indah. Itu sangat luar biasa. Ini salah satu tujuan FPN.

Harapan kami sebagai orang tua, filosofi paduan suara ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari, para anak muda generasi penerus bangsa,” terangnya.

Dari panitya penyelenggara diperoleh keterangan, lima finalis terbaik grup paduan suara berhasil ditorehkan.

Juara 1 dengan skor penilaian 957 berhasil diraih grub paduan suara asal SMAN 1 Klaten. Posisi juara 2 diperoleh grup paduan suara perwakilan dari SMA Pangudi Luhur Surakarta.

Juara 3 dengan skor 917 didapatkan grup perwakilan dari SMAN 1 Salatiga. Untuk juara 4 dan juara 5 diraih SMAN 1 Boyolali dan SMAN 5 Surakarta. Adapun, bagi para juara mendapat trofi dan uang pembinanan,  Juara 1 : Rp 5.000.000, Juara 2 : Rp 3.000.000, Juara 3 : Rp 2.000.000, Juara 4 : Rp 1.000.000, Juara 5 : Rp 1.000.000.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Paduan Suara FPN 2023 Wahyu Purnomo mengatakan, penilaian dari ke lima juara diambil dari kualitas suara, penyajian, kekompakan, unsur koreografi dan dinamika penampilan para peserta. Secara keseluruhan para peserta perlu mendapat apresiasi tinggi terutama pada sisi kostum yang digunakan untuk mendukung penampilan di atas panggung.

Diharapkan even serupa dapat terus digelar mengingat kompetisi untuk mewadahi kreatifitas para grub paduan suara tingkat pelajar masih minim di kota Surakarta.

“Saya pikir ini satu wadah yang sebenarnya sangat bagus. sayangnya, tidak banyak pihak yang tertarik untuk itu, padahal talenta bernyanyi anak-anak itu sesungguhnya luar biasa, hanya forumnya sangat sedikit di Solo. Secara pribadi, kalau ini event bisa secara periodik diselenggarakan, keren sekali,” ungkapnya.

Pada kesempatan terpisah, salah satu anggota grup paduan suara SMAN 1 Klaten Galatia Agastia Warsana ketika diminta tanggapannya mengaku senang dapat meraih juara 1 dalam lomba paduan suara FPN 2023.

Gimana ya, gak nyangka, tapi ya sebenarnya kita sudah prepare, mau hasil yang terbaik, ya puji Tuhan dikabulkan sama Tuhan,” katanya.

Bagus Adji