Peserta Diklat dan Uji kompetensi berfoto bersama Rektor Unisri Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd., dan panitya penyelenggara  di sela-sela kegiatan. Foto: Dok/Unisri

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar uji kompetensi bagi calon lulusan terbaik dari 14 Program Studi (prodi). Kegiatan yang dibuka Rektor Unisri Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd. berlangsung di kampus setempat selama tiga hari hingga , Rabu (25/10).

Rektor Unisri Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd., dalam sambutannyamenyampaikan apresiasi kepada Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan (LIK) dan LSP yang telah menyelenggarakan diklat dan uji kompetensi.

Dikemukakan uji kompetensi yang berlangsung merupakan hadiah kepada para wisudawan terbaik dari 14 program studi. Kenapa demikian, karena dari 616 calon lulusan  yang terbaik akan mendapat kesempatan untuk uji kompetensi dan akhirnya akan mendapatkan sertifikat dari BNSP.

Nantinya sertifikat BNSP ini berguna untuk melamar pekerjaan. Mengingat masa berlaku sertifikat hanya tiga tahun, untuk itu hendaknya digunakan semaksimal mungkin dalam mencari pekerjaan.

Unisri sudah berkomitmen membekali mahasiswa dengan kompetensi profesional diberikan kepada mahasiswa sesuai program studinya. Berikutnya kompetensi pedagogi khusus di FKIP. Selanjutnya, kompetensi personal yang artinya lulusan Unisri harus memiliki sikap dan kepribadian baik.

Sebagai lulusan Unisri nanti dimanapun kalian berada tentu akan berkarya memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa ini. Maka dimanapun juga harus berperilaku yang baik, punya nilai moral Pancasila.
Lulusan Unisri harus menjadi lulusan pelajar Pancasila beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa berfikir aktif dan kreatif.

Berikutnya mengenai kompetensi sosial  tentang bagaimana mahasiswa berkehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Bagaimana berhubungan dengan teman dengan atasan dan sekitar serta yang terakhir adalah kompetensi kewirausahaan.

“Diklat dan uji kompetensi merupakan rangkaian yang merupakan satu kesatuan tidak bisa sendiri sendiri harus ada penguatan-penguatan,” jelasnya.

Dia menambahkan, calon lulusan Unisri akan mendapat materi tentang pengembangan kepribadian. Hal ini wujud kepedulian Unisri kepada calon lulusan.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan, Ir. Siswadi, MP., melaporkan, kegiatan Diklat dan uji kompetensi sifatnya refresh. Kegiatan diikuti 14 mahasiswa yang terbaik dari masing-masing prodi, hasil seleksi 616 calon lulusan. Diharapkan kedepan seluruh calon lulusan bisa mengikuti diklat dan uji kompetensi.

Bagus Adji