blank
Sekretaris Kabinet Indonesia Maju Pramono Anung usai memberikan penghormatan terakhir terhadap jenazah mendiang Bos Pura Group Jacobus Busono. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Sekretaris Kabinet Indonesia Maju Pramono Anung memiliki kesan khusus terhadap mendiang founder, owner dan chairman Pura Group Jacobus Busono. Kesan tersebut disampaikan Pramono kepada awak media seusai memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah mendiang di Head Office Pura Group, Kamis (26/10).

Pramono datang langsung dari Jakarta ke Kudus bersama anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto.Ikut mendampingi Pramono dalam prosesi penghormatan terakhir tersebut Ketua DPC PDIP yang juga Ketua DPRD Kudus Masan.

“Saya dan beliau (Jacobus Busono) adalah sahabat. Hubungan kami juga hubungan pertemanan,”kata Pramono.

Menurut Pramono, kiprah Jacobus Busono mendapat catatan tersendiri. Mendiang adalah sosok Inovator handal. Dimana, Jacobus merupakan orang yang selalu berinovasi menemukan hal baru.

“Beliau sosok innovator, mulai dari security printing, kertas uang, hingga yang berkaitan dengan mesin pengering padi dan lainnya. Termasuk yang berkaitan dengan Pura yang bisa berkembang besar sekali seperti saat ini dengan memiliki karyawan lebih dari 15 ribu orang,” di mata Pramono Anung.

Meski sudah sukses merintis dan membesarkan Pura Group menjadi perusahaan besar yang bergerak di bidang printing dan security printing, Jacobus Busono ternyata mempunyai kebiasaan unik semasa hidupnya.

“Sebagai seorang sahabat, setiap hari beliau selalu kirim pesan singkat SMS, saat itu masih SMS ya, sekarang sudah ganti whatsapp ya. Beliau melaporkan perkembangan perusahaannya. Setiap hari dan pesannya sangat panjang. Kadang karena kesibukan saya hanya jawab singkat, tapi beliau tetap mengirim pesan yang panjang,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Melalui pesan singkat itu Pramono melihat kegigihan dan visi Jacobus Busono untuk menjadikan perusahaannya menjadi yang terbesar di Indonesia. Dan Pramono menyebut kalau semangat Jacobus tersebut yang seharusnya diwarisi generasi penerusnya.

“Harapan kami selalu seperti itu, bisa meniru gaya komunikasi dan perusahaan bisa semakin besar menjadi kebanggaan Indonesia di tangan generasi penerusnya,” katanya.

Atas kesan itu lah, Pramono turut mengapresiasi sosok Jacobus Busono. Semasa hidupnya, Jacobus telah banyak melahirkan inovasi dan prestasi.

“Sebagai sahabat dan mewakili Pemerintah saya memberi apresiasi yang luar biasa pada apa yang ditinggalkan mendiang. Kami juga menyampaikan duka mendalam dan belasungkawa atas kepergiannya. Surga baginya,” katanya.

Ali Bustomi