blank
Ganjar menerima selendang kain tapis dan kalung bunga dari perwakilan kerajaan Islam yang ada di wilayah Lampung, Sekala Brak. Foto: tmgp

LAMPUNG (SUARABARU.ID)– Kehadiran Ganjar Pranowo, Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, di Lampung, disambut hangat Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak, Rabu (25/10/2023). Catatan sejarah, Sekala Brak adalah kerajaan bercorak Islam di wilayah Lampung, yang berdiri sekitar abad ke-13.

Tiba di Bandar Udara Radin Inten II sekitar pukul 10.45 WIB, Ganjar yang mengenakan kemeja hitam, disambut langsung Pangeran Edward dan para petinggi kerajaan Sekala Brak, tepat di pintu keluar bandara. Mereka menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

”Selamat datang kami sampaikan kepada Bapak Ganjar Pranowo, calon presiden. Kami dari kerajaan Sekala Brak dan tokoh adat,” ujar seorang tokoh adat.

BACA JUGA: Perempuan Harus Ambil Peran di Berbagai Bidang

blank
Sebuah kalung bunga disematkan di leher Ganjar Pranowo, sebagai tanda ucapan selamat datang. Foto: tmgp

Ganjar yang mendapat sambutan kehormatan itu, membalas dengan senyum. Beberapa saat kemudian, utusan dari kerajaan menyematkan selendang kain tapis dan kalung bunga kepada Ganjar.

Uniknya, baik kain tapis dan kalung bunga itu dibawa oleh dua muli pangasi puksi kembar, yakni, Sinta En Sela dan Santi Nosi Bela.

Mendapat penghormatan itu, Ganjar tak henti mengucapkan terima kasih. ”Terima kasih,” tuturnya, sembari menyalami sultan dan para tokoh adat.

Sementara itu, kedatangan Ganjar di Lampung ini, untuk bersilaturahmi ke sejumlah tokoh. Sekaligus menemui warga, untuk menyerap aspirasi secara langsung.

Riyan