blank
Bantuan sembako bagi pembudidaya ikan, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan sebagai rangkaian Hari Jadi ke-24 KKP yang jatuh pada 26 Oktober 2023 diperingati di Kabupaten Magelang, hari ini (Rabu 25 Oktober 2023).

Dipusatkan di Rumah Aspirasi anggota DPR RI, Vita Ervina, di
Jalan Soekarno Hatta 39, Deyangan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Vita Ervina dalam acara itu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sinergitas dia sebagai anggota Komisi IV DPR RI
Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI (Purworejo, Magelang Raya,
Temanggung dan Wonosobo) bersama mitra kerja dari Ditjen
Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Itu merupakan bentuk komitmen dan kepedulian bagi masyarakat, khususnya pelaku perikanan.

Melalui kegiatan tersebut dia memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok makanan berisi beras, minyak goreng, gula, dan mi instan bagi pelaku perikanan. Baik itu pembudidaya
maupun pengolahan.

“Dengan harapan dapat membantu secara langsung bahan pangan untuk kebutuhan rumah tangga,” katanya.

Kegiatan hari ini diikuti 100 peserta yang hadir. Mereka itu warga Kecamatan Tempuran, Salaman dan Kajoran, Kabupaten Magelang.
Pada kegiatan hari ini juga dipaparkan materi kepada seluruh
peserta, terkait akses penggunaan asuransi dari BPJS
Ketenagakerjaan.

Potensi Besar

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Joni Indarto, dalam acara itu mengatakan, Kabupaten Magelang lokasinya diapit beberapa gunung. Ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, serta Sumbing. Maka dikaruniai banyak mata air dan air sungai yang mengalir sepanjang tahun, sehingga usaha perikanan sangat besar potensinya.

Disebutkan, di daerah itu ada budidaya ikan konsumsi, ikan hias, juga ada produksi ikan tangkap. Tahun lalu hasil ikan tangkap ada 311 ton. Pelaksananya sekitar 1.300 orang warga. Ada pemancing, maupun penjala ikan.

Di Magelang juga berkembang kuliner berbahan baku perikanan. Banyak didatangi warga dari luar Kabupaten Magelang. Misalnya ada kuliner ikan belut di Pancar, Salaman. Juga ada menu ikan Beong yang warungnya di wilayah Kecamatan Borobudur.

Objek wisatanya juga banyak. Selain Candi Borobudur juga ada desa wisata. Ada Ketep Pass di Kecamatan Sawangan dan Nepal van Java di Kecamatan Kaliangkrik.

Dia mengajak warga memanfaatkan sektor perikanan dan peternakan untuk menghasilkan nilai tambah.

Joni Indarto berterima kasih kepada Vita Ervina yang membawa aspirasi bidang peternakan dan perikanan. Diharapkan bisa membawa manfaat bagi warga.

Eko Priyono