blank
Konsep arsitektur Mall 23Semarang hasil render memperlihatkan landscape ruang terbuka hijau di tengah - tengah mall yang sarat dengan vegetasi alami. (dokumentasi PT Swarna Kanaka Parigraha)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Perusahaan properti gaya hidup ikonik, PT Indonesian Paradise Property, menggandeng institusi pendidikan Bina Nusantara, membuat sebuah langkah strategis dengan membangun mall 23Semarang.

23Semarang sendiri diklaim menjadi sebuah pusat perbelanjaan yang hadir di kawasan pantai Kota Semarang dengan mengusung konsep ruang terbuka hijau. Pembangunannya sendiri dimulai dengan agenda groundbreaking, Senin (23/10/2023).

Kegiatan pemancangan pondasi tiang pada titik pertama ini sebagai penanda dimulainya kegiatan konstruksi di area proyek yang berlokasi di komplek hunian baru Pearl of Java (POJ) di kawasan Marina Semarang.

Peresmiannya dihadiri langsung oleh jajaran Direksi dan Manajemen PT Swarna Kanaka Parigraha (SKP), perusahaan pengembang (developer) yang merupakan usaha patungan antara Paradise Indonesia dan Bina Nusantara (Binus).

“Mall ini akan meramaikan pilihan mall dan pusat hiburan yang sudah ada di Kota Semarang. Pemkot mendukung pembangunan mall ini dan diharap bisa berkembang sebagai fasilitas pendukung pertumbuhan ekonomi,” kata Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat acara groundbreaking.

Walikota Semarang menyampaikan bahwa para pelaku bisnis berkembang bersama Pemerintah harus memiliki visi dan misi yang sama untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang unggul melalui kreativitas dan inovasi untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial.

Pembangunan Mall 23Semarang sendiri dijadwalkan akan selesai pada tahun 2025 akhir, lokasinya dibangun di atas lahan seluas 6 hektar, di tepi pantai Laut Jawa dan bersebelahan dengan Bina Nusantara School.

Posisi geografis yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa membuat suhu rata-rata di Kota Semarang yang cukup panas, menjadi dasar pemikiran untuk mengembangkan mall dengan fitur utama menyediakan sebanyak mungkin ruang terbuka.

Konsep ruang terbuka ini gunanya sebagai area lansekap vegetasi dan kolam ikan untuk menurunkan suhu sekitarnya, sehingga tercipta secara alami sebuah suasana mall yang teduh dan sejuk, walaupun berada di tepi laut.

Konsep ini akan menjadikan Mall 23Semarang sebagai satu-satunya pusat perbelanjaan yang menggabungkan kekuatan elemen arsitektural dengan kondisi alam sekitarnya.

Mall ini memiliki akses utama disisi barat serta akses dari sisi timur dengan open plaza menghadap ke kanal yang menuju ke Laut Jawa, kedua akses utama tersebut terhubung melalui fitur utama berupa ruang terbuka hijau di tengah-tengah mall.

Rencananya ruang terbuka hijau tersebut menjadi tempat pengunjung menikmati suasana hutan kota yang rindang, yang dapat pula dinikmati dari dek di lantai teratas yang menjorok ke bagian tengah ruang terbuka hijau.

Selain itu, ada juga amphitheatre yang dihadirkan pula sebagai penghubung ruang terbuka hijau menuju Open Plaza di sisi kanal yang akan menghadirkan berbagai live performance hingga bazaar.

Berbagai pengalaman yang ditawarkan ini tentu akan menjadi pilihan menarik bagi semua segmen masyarakat Semarang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Mall 23Semarang dengan semua fitur-fitur ini akan menjadikan mall ini sebagai destinasi ikonik kota Semarang dan Jawa Tengah.

Paradise Indonesia melalui 23Semarang membawa konsep mall dengan Retail-Oasis yang menyajikan ruang terbuka hijau dan ruang luar dengan persentase luas yang seimbang dengan ruang komersial sehingga menciptakan harmoni antara ruang terbuka hijau dan ruang dalam mall.

Sementara itu bagi Bina Nusantara, Mall 23Semarang merupakan portofolio komersial yang dimiliki oleh Bina Nusantara setelah Hotel Yello Paskal di Kota Bandung.

Presiden Direktur Paradise Indonesia, Anthony Prabowo Susilo, menyampaikan, Mall 23Semarang mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) yang berkomitmen dalam pembangunan dan operasionalnya.

“Dengan prinsip ESG ini kami meminimalisir dampak lingkungan, mendukung prioritas pemberdayaan masyarakat lokal, dan mematuhi standar tata kelola perusahaan yang tinggi. Kami memastikan desain dan operasi mall mampu meminimalisir konsumsi energi dan sumber daya alam,” katanya.

Anthony mengakui bahwa Mall 23Semarang adalah proyek ambisius yang akan mengubah wajah Semarang. Dengan jejak langkah panjang, Paradise Indonesia berusaha mewujudkan salah satu pencapaian terbaru dengan pembangunan mall 23Semarang ini.

Dengan sirkulasi oval yang dinamis, fasade bangunan bermotif batik, kolam ikan dan ruang terbuka hijau, supermarket, dua atrium luas untuk acara indoor, mall ini menghadirkan banyak elemen yang menciptakan beragam pengalaman baru berbelanja dengan environment berbeda.

Sementara itu, Managing Director Bina Nusantara, Francis Budiraharja Santoso, menyampaikan, Binus terus bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berkelanjutan.

“Kerjasama strategis antara Paradise Indonesia dan Bina Nusantara ini merupakan langkah penting untuk menunjang pengembangan ekosistem yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menyongsong era revolusi industri 4.0,” katanya.

Francis menjelaskan, hadirnya Mall 23Semarang ini akan melengkapi fasilitas yang dapat menunjang kreativitas dan inovasi yang merupakan elemen penting bagi pendidikan.

Selain itu, mall 23Semarang diharapkan menjadi destinasi wisata baru yang akan membawa manfaat ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan meningkatkan kualitas hidup warga Semarang.

Dengan beragam tenant, fasilitas hiburan modern, dan acara komunitas, Mall 23Semarang akan menjadi destinasi wisata baru yang menarik untuk Kota Semarang.

Sementara itu Chief Financial Officer Cornerstone, Diana Solaiman, menambahkan bahwa mall 23Semarang mempersembahkan sebuah konsep luar biasa yang dikenal sebagai Retail-Oasis dimana pengalaman berbelanja akan dipadukan dengan budaya masyarakat Semarang.

Dirinya menjelaskan, pengunjung dapat merasakan kesegaran pepohonan dan suara gemericik air yang melengkapi outlet-outlet merek nasional dan internasional yang beberapa di antaranya baru pertama kali hadir di Semarang.

“Dengan kehadiran berbagai merek internasional terkemuka dan berbagai fasilitas untuk komunitas kreatif, Mall 23Semarang berambisi menjadi tujuan ikonik untuk berbelanja dan gaya hidup yang akan memberikan dampak positif pada kehidupan sosial, ekonomi, dan pariwisata Semarang di masa depan,” katanya.

Diana menambahkan, Mall 23Semarang didesain khusus untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi masyarakat urban Semarang, dengan fokus pada keluarga, profesional muda, dan para wisatawan yang mencari hiburan dan sarana berbelanja berkualitas.

Tidak hanya sebagai tempat untuk berbelanja, mall 23Semarang juga bertujuan untuk menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat Semarang dan menyediakan pelayanan dan fasilitas yang memanjakan wisatawan, baik domestik maupun internasional.

“Dengan keunikan konsep ‘Indoor-Outdoor Retail’, flagship store dari merek terkenal, fasilitas yang ramah bagi keluarga dan pelancong, serta ruang komunitas kreatif yang luas, Mall 23Semarang berkomitmen memberi pengalaman belanja yang unik dan nyaman serta menjadikan Kota Semarang sebagai destinasi wisata yang berkembang,” pungkasnya.

Hery Priyono