Petugas penerima barang KPU Kabupaten Blora, Bambang Santoso mengecek masuknya logistik pemilu dan Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Agus Puryadi, juga melakukan pengecekan gudang logistik KPU Blora di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Logistik Pemilu 2024 tahap pertama mulai masuk di gudang KPU Kabupaten Blora Jawa Tengah, sebanyak 11.908 bilik suara.

Komisioner KPU Blora Nailina Paramita menyampaikan bahwa logistik pemilu berupa bilik suara sudah tiba secara bertahap sejak Minggu malam, 22 Oktober 2023, dan Senin pagi (23/10/2023), tiba kembali sebanyak dua kontainer.

“Sudah sejak malam tadi. Sejumlah 11.908 bilik suara. Diangkut menggunakan tiga truk kontainer,” kata Komisioner KPU Blora kepada awak media. Senin, (23/10/2023).

KPU Kabupaten Blora saat ini masih menunggu logistik lain,  tidak tahu pasti kapan logistik yang lain dikirim, imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Petugas penerima barang KPU Kabupaten Blora, Bambang Santoso mengatakan bahwa selama disimpan di gudang, logistik akan dijaga petugas KPU dan aparat kepolisian.

“Nanti ada petugas yang jaga. Ada dua orang dari KPU dan aparat kepolisian,” jelas Bambang Santoso.

Sementara itu, Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Agus Puryadi, saat melakukan pengecekan gudang logistik KPU di Jalan Gatot Subroto Kecamatan Blora, Senin, (23/10/2023), menjelaskan bahwa pengecekan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu 2024.

“Untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan, kami telah memploting khusus anggota untuk melakukan penjagaan di kantor KPU dan Bawaslu yang berjaga selama 24 jam,” ucap Kapolres Blora.

Termasuk instalasi kelistrikan, lanjut Kapolres Blora, di gedung logistik juga tak luput dari pengecekan, untuk meminimalisir adanya konsleting yang dapat memicu kebakaran, dan dimungkinkan untuk koordinasi dengan PLN Blora.

“Selain itu juga perlu sosialisasi kepada warga sekitar agar tidak membakar sampah di sekitar gudang logistik. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk pengamanan gedung ini,” kata Kapolres Blora.

Kepada petugas jaga di kantor KPU dan Bawaslu, Kapolres berpesan agar selalu waspada terhadap situasi yang ada. “Kita tidak boleh underestimate, walau situasi di Blora relatif aman. Kita harus selalu waspada dan jangan lengah,” tandas Kapolres Blora.

Kudnadi Saputro