Dua anggota Babinsa terdiri atas Serda Dwiyanto dan Koptu Ariyanto, ikut menjadi pendonor dalam kiat mendukung sukses Baksos donor darah massal di Gereja Bersinar.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Umat Kristiani jemaat Gereja Kristen Bersinar, menggelar Bakti Sosial (Baksos) donor darah massal. Lokasinya di Gunung Cilik (Cengkal), Desa Mlopoharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Baksos donor darah massal ini, dilakukan dalam kiat menumbuhkan rasa kemanusiaan, untuk memberikan kepedulian terhadap sesama. Utamanya, guna membantu penyelematan nyawa bagi warga yang sakit, dan membutuhkan tambahan darah.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Senin (23/10), mengabarkan, dua Anggota Babinsa dari Koramil-10 Wuryantoro, secara sukarela ikut serta menjadi pendonor. Tujuannya, guna mendukung sukses Baksos donor darah massal tersebut. Kedua Anggota Babinsa itu, terdiri atas Serda Dwiyanto dan Koptu Ariyanto.

Serda Dwiyanto, menyatakan, dirinya telah terbiasa secara rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali. Kepada warga masyarakat, diajak untuk peduli menyumbangkan darahnya, demi menumbuhkan rasa kemanusiaan untuk menolong sesama. Setetes darah dari pendonor, sangat berguna bagi orang lain yang membutuhkan darah untuk penyembuhan sakit dan penyelamatan nyawanya.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, Dokter Heri Susanto, Senin (23/10), menyatakan, stok darah Whole Blood (WB) saat ini tersedia sebanyak 357 colt (kantong), untuk Packed Red Cell (PRC) sebanyak 64 kantong dan 11 kantong lainnya adalah Thrombocyte Concentrate (TC).

Perinciannya terdiri atas darah Golongan A sebanyak 59 kantong WB, 16 kantong PRC dan 5 kantong TC. Untuk darah Golongan B tersedia sebanyak 139 kantong WB, 21 kantong PRC dan 1 kantong TC. Darah Golongan AB tersedia sebanyak 35 kantong dan 5 kantong PRC. Berikut untuk darah Golongan 0, tersedia sebanyak 124 kantong WB, 22 kantong PRC dan 5 kantong TC.

Untuk diketahui, WB diberikan untuk perdarahan akut, shock hipovolemik serta bedah mayor dengan perdarahan lebih dari 1500 ml. PRC mengandung hemoglobin yang sama dengan WB, bedanya adalah pada jumlah plasma, dimana PRC lebih sedikit mengandung plasma. TC, merupakan komponen darah berisi trombosit, berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan berperan dalam pembekuan darah.
Bambang Pur