Para lansia warga Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Ngudi Saras.(Dok.Begug SW)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Posyandu ”Ngudi Saras” di Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan bagi para Lanjut Usia (Lansia).

Tokoh masyarakat Madyorejo, Begug Suwarman, mengabarkan, dalam upaya meningkatkan kesehatan para adi yuswa (Lansia), Minggu (22/10), Ngudi Saras menggelar serangkaian pelayanan. Yakni diawali senam Lansia bersama dipimpin Drs Suroto. Senam bersama berlangsung selama 10 menit dengan gerak teratur dan terukur, sesuai dengan umur para adi yuswa.

Kepada para anggota Ngudi Saras, diserukan untuk senantiasa sehat yang yang afiat. Supaya badan menjadi bugar, agar makan pun jadi enak dan tidurnya menjadi nyenyak.

Usai mengikuti senam, sebanyak 31 orang Lansia kemudian melakukan istirahat dan dilanjutkan penimbangan serta ukur tinggi badan serta pemeriksaan kesehatan. Bersama itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan, yakni pengukuran tensi, chek kadar kolesterol, gula darah dan asam urat.

Teknis pemeriksaan kesehatan, dipimpin oleh Drg Ika Kusumawati dan Dokter Devita Permatasari bersama 2 Kader (Erlina Pransiscawati S Farm dan Mei Endah Purwaningtyas SKep Ns).

Kepada pasra Lansia yang ada masalah dengan kesehatannya, kemudian diberikan obat dan vitamin. Hadir dalam kegiatan ini, Penasehat Ngudi Saras Ir Rudy Setyohadi dan Joko Sarjana SH. Untuk pelayanan pemeriksaan kesehatan berikutnya, akan dilakukan Minggu Ke-4 Bulan Nopember 2023.
Bambang Pur