Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (tengah) foto bersama dengan para Pimpinan Parpol dalam acara deklarasi Pemilu damai.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polres Wonogiri memprakarsai deklarasi Pemilu damai. Deklarasi yang dilaksanakan di Griya Sraswati Brumbung, Wonogiri, ini diikuti oleh 14 Pimpinan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu yang eksis di Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Minggu (22/10), mengabarkan, deklarasi ditandai dengan penandatanganan bersama oleh para Pimpinan Parpol, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)bersama tokoh masyarakat serta pemerintah, KPU dan Bawaslu melaksanakan deklarasi pemilu damai di Rumah Makan Saraswati, Sabtu (21/10/2023). Deklaras ini sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan pemilu yang aman, jujur dan adil di Kabupaten Wonogiri.

Deklarasi Pemilu damai dihadiri perwakilan Parpol peserta Pemilu di Kabupaten Wonogiri, Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, Pasi Ops Kodim 0728 Kapten (Inf) Suradji, Kasi Pidum Kejari Christomy Bonar, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri Rois Torodji.

Juga hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, Ketua Bawaslu Wonogiri, A Joko Wuryanto, para Pimpinan Organisasi Perangkar Daerah (OPD) bersama para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri serta Kapolsek se jajaran Polres Wonogiri.

Ada empat hal yang dideklarasinya oleh para Pimpinan Parpol di Wonogiri. Pertama, berkomitmen menjaga persatuan serta keutuhan NKRI dengan tidak melakukan politisasi SARA. Kedua, bertekad mewujudkan Pemilu sebagai sarana integritas bangsa dan menolak segala bentuk pelanggaran dengan alasan apapun.

Menghargai

Ketiga, berniat melaksanakan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Keempat, menyatakan untuk saling menghargai dan menghormati hak, serta perbedaan masing-masing peserta Pemilu 2024.

Disamping ditandatangani oleh 14 Pimpinan Parpol, naskah deklarasi Pemilu Damai tersebut, juga ditandatangani Kapolres beserta jajaran Forkompimda, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

Kapolres AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, berharap, Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, terhindar dari pertikaian dan tindak kekerasan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kata Kapolres, demi terciptanya Pemilu yang aman, damai dan sejuk, mari kita bersama-sama bersinergi mendukung terwujudnya pemilu yang berkualitas.

Kepada pasangan calon, massa pendukung, serta semua pihak mampu bersikap bijak dan arif, untuk menghindari gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan keresahan dan konflik di masyarakat.
Bambang Pur