blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menghadiri upacara Hari Santri Nasional 2023 di Demak. Foto: Dok/Bidhumas

DEMAK (SUARABARU.ID) – Upacara Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Tengah digelar di Alun-alun Simpang Enam Kota Demak, Minggu (22/10/2023).

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi hadir bersama Pj Gubernur Jawa Tengah dan Pangdam IV/Diponegoro dalam upacara HSN tahun 2023 yang diikuti ribuan peserta upacara dari pelajar maupun santri dari berbagai daerah di Jawa Tengah.

Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya yang memimpin kegiatan pengamanan mengatakan, dalam peringatan Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Jawa Tengah pihaknya menerjunkan 150 personel gabungan untuk mengamankan jalannya upacara tersebut.

“Kita libatkan personel gabungan baik dari Reskrim, Lalu lintas, Samapta, Intelijen, Provos serta anggota Polsek untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas,” ujarnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu S. menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan salah satu agenda nasional yang tahun ini terpusat di alun-alun Demak.

Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Jateng menerjunkan personil dibantu dengan stakeholder terkait mengawal dan mengamankan setiap kegiatan masyarakat termasuk kegiatan Hari Santri Nasional.

“Personil Polri mulai dari tingkat Polda sampai di tingkat Polsek melaksanakan pengamanan maupun pengawalan kegiatan Hari Santri Nasional guna terciptanya kemanan dan kenyamanan serta untuk meminimalisir kemacetan sebagai wujud Polda Jateng hadir di masyarakat,” ujar Satake.

“HSN tahun ini mengusung tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’, upacara HSN ini merupakan refleksi perjuangan para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan,” katanya.

Dalam momentum ini Ia mengajak santri bersinergi dengan semua elemen masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam mensukseskan Pemilu 2024 agar terwujud situasi aman dan damai.

Satake mengimbau kepada masyarakat, di moment peringatan Hari Santri Nasional untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan tema yang diusung pada Hari Santri 2023 adalah “Jihad Santri Jayakan Negeri”

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa, jangan sampai terpecah belah,” tandasnya.

Ning S