Kaprodi S2 Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh SA, S Sos, SH, MM, MH mewakili Rektor USM Dr Supari Priambodo,ST, MT. Menerina plakat dari Dekan FH UBB Dr Derita Prapti Rahayu, SH, MH didampingi WR II USM Dr Mohammad Junaidi, SHI dan Kaprodi MH UBB, Dr Faisal SH MH.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Hassanudin (Unhas) berkolaborasi menggelar seminar internasional dengan tema ”Internasional on Envirommental and Mining Law”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dan online itu berlangsung di Pangkalpinang Bangka Belitung pada 21 Oktober 2023.

Seminar tentang Hukum Lingkungan itu dibuka Rektor Universitas Bangka Belitung, Prof Dr Ibrahim.S Fil MSi.

Kegiatan menghadirkan pemateri yakni Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD dari S2 Magister Hukum Universitas Semarang, Prof Dr Abrar Saleng SH MH dari Universitas Hassanudin, Prof Lee Goden dari Akademisi Hukum Univercity New Zealand, Dr Muhammad Sayuti Hasan dari Akademisi Universitas Kebangsaan Malaysia, Dr Rasio Ridho Sani, S.Si M Com MPM dari Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam kesempatan tersebut Prof Sudharto menyampaikan materi tentang In Search for Sustainable Mining.

Adapun Dr Muhammad Junaidi SHI MH, dosen Magister Hukum USM sekaligus wakil Rektor III USM menyampaikan materi tentang Local Content In Establishment Regional Legal Products.

Kaprodi S2 Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh SA, S Sos, SH, MM, MH mengatakan, seminar diikuti ratusan peserta terdiri atas mahasiswa, dosen dan praktisi serta aktivis lingkungan dan masyarakat pemerhati hukum lingkungan.

Lingkungan hidup pada hakikatnya adalah anugerah dari Tuhan yang merupakan sumber daya dari kehidupan manusia, sehingga harus dikelola dengan hukum yang baik selaras filosofis, sosiologis dan adat istiadat yang berkembang di Indonesia.

”Dengan demikian dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan ekonomi. Negara dan anak cucu tetap masih bisa menikmati suasana lingkungan yang menyehatkan,” ungkapnya.

Muhaimin