blank
Ganjar dan Mahfud, ucapkan selamat ke Gibran, yang jadi Cawapres Prabowo Subianto. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo, menanggapi soal Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang menerima lamaran menjadi pendamping Prabowo Subianto, untuk maju pada Pilpres 2024. Ganjar pun menyampaikan ucapan selamat, dan berharap bisa bertanding dengan fair.

”Selamat. Mudah-mudahan kita akan bertanding dengan fair, sehat dan menyenangkan,” ujar Ganjar, saat jumpa pers di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, semua warga Indonesia punya hak politik. Demikian pula hak untuk menentukan pilihan dan arah politiknya. Termasuk Gibran, yang tak lain adalah putra dari Presiden RI, Joko Widodo.

BACA JUGA: Spensama Wira Netra Gandeng Orang Tua dalam Pelatihan Kewirausahaan

”Semua warga negara punya hak untuk turut serta dalam sebuah kontestasi,” papar Ganjar.

Respon itu juga dikuatkan Mahfud MD. Dia berpendapat, sama persis dengan apa yang disampaikan mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu. ”Ya, selamat bertanding,” sambung Mahfud.

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka adalah politikus muda yang diasuh dan dibesarkan oleh PDI Perjuangan. Dia mendapat mandat dan memenangi pesta demokrasi di Kota Solo pada 2020 lalu.

BACA JUGA: Hari Santri 2023, Ini yang MTs-MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan

Memasuki tahun ketiganya sebagai Wali Kota Solo, nama Gibran ramai diperbincangkan, karena masuk dalam kandidat Bacapres Prabowo Subianto. Namun, usianya yang masih 36 tahun belum memenuhi syarat, dan menjadi kendala.

Karenanya, para pihak mengajukan gugatan uji materiil ke Mahkamah Konstitusi (MK). Puncaknya, putusan MK mengabulkan uji materiil Pasal 169 huruf q UU Pemilu, mengenai batas usia minimal Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), yang diajukan seorang mahasiswa bernama Almas Tsaqibbirru Re A. Perkara itu masuk ke MK dengan Nomor 90/PUU-XXI/2023.

Putusan itupun akhirnya membuka jalan lebar bagi Gibran, untuk maju menjadi cawapres. Meskipun putusan itu mendapat banyak penolakan dari masyarakat.

Selanjutnya, Golkar mengumumkan Gibran sebagai Bacawapres pendamping Prabowo, pada Rapimnas II, Sabtu (21/10/2023). Prabowo kemudian secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapresnya, di kediamannya di Kertanegara, Minggu (22/10/2023).

Riyan